Detik-detik Pencurian Laptop di KRL yang Viral Terekam Penumpang

M Hanafi Aryan - detikNews
Senin, 27 Des 2021 18:49 WIB
Tangkapan layar video viral pelaku curi laptop penumpang di KRL
Foto: Tangkapan layar video viral pelaku curi laptop penumpang di KRL
Jakarta -

Aksi pencurian laptop di KA Commuter relasi Bogor-Angke viral di media sosial. Pelaku sempat terekam video salah satu penumpang KRL.

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (26/12). Kejadian tersebut terekam penumpang lain saat kereta sedang berhenti di Stasiun Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Video aksi pencurian pelaku tersebar di sejumlah platform media sosial. Dinarasikan bahwa korban awalnya menyimpan laptop di bagasi atas karena berat.

Penumpang tersebut memvideokan karena mencurigai gerak-gerik pelaku. Penumpang itu berinisiatif merekam untuk jaga-jaga.

Dalam rekaman itu terlihat pelaku memakai kaus putih dilapis kemeja motif kotak-kotak. Pelaku pria bertopi itu kemudian mengambil laptop dari atas bagasi yang di depannya dan langsung turun saat kereta berhenti di Stasiun Lenteng Agung, Jaksel.

Korban baru tahu laptopnya dicuri setelah salah satu penumpang bertanya apakah laptop yang dibawa oleh pelaku itu miliknya.

"Yang ngevideoin itu awalnya ngira laptop Mas-nya (pelaku). Dia ngobrol dulu sama penumpang lain mengenai laptop saya itu. Kebetulan ada sekuriti yang bertugas, dia nyuruh Mbak-nya diem jangan ngobrol," kata Icha saat dihubungi detikcom, Senin (27/12).

"Akhirnya di situ Mbak-nya nanya ke saya 'itu laptop Mbak-nya apa bagaimana?' dan di situ baru saya sadar kalau laptop saya udah diambil sama pelaku," sambungnya.

Pelaku Ganti Baju

Setelah mengetahui laptopnya dicuri, Icha kemudian melapor ke petugas. Petugas kemudian memeriksa CCTV dan diketahui pelaku terakhir kali turun di Stasiun Tebet.

"Petugas yang ada di stasiun sudah bertugas untuk nyari pelaku berdasarkan video yang saya kasih dan katanya terakhir itu pelaku dilihat di Stasiun Tebet, tapi udah ganti baju," kata korban, Icha Elvioninda, saat dihubungi detikcom, Senin (27/12).

KAI Commuter menyatakan turut prihatin atas pencurian tersebut. Pihak KAI Commuter meminta maaf atas kejadian tersebut.

"KAI Commuter menyesalkan adanya pencurian barang yang menimpa salah seorang pengguna KA 1627 relasi Bogor-Angke pada Minggu (26/12), sekitar pukul 19.40 WIB. Atas kejadian tersebut, KAI Commuter memohon maaf dan turut prihatin," kata Manager External Relations KAI Commuter, Adli Hakim dalam keterangan kepada detikcom, Senin (27/12).

Simak juga Video: Pura-pura Pesan Makanan, Pria Gasak HP Pengunjung Restoran

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)