ADVERTISEMENT

Menkes Jelaskan Kronologi Pasien Omicron Lolos Karantina di Wisma Atlet

Indra Komara - detikNews
Senin, 27 Des 2021 14:36 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Foto: Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Satu pasien Omicron lolos dari karantina di Wisma Atlet. Menkes Budi Gunadi Sadikin menjelaskan kronologinya.

"Yang karantina itu kita lihat ada satu perempuan datang dari Inggris pada saat dia dites positif. Dia minta tes pembanding, dites negatif makanya dia minta keluar berdasarkan tes yang negatif," ujar Budi dalam jumpa pers, Senin (27/12/2021).

Dari hasil negatif itu, pasien diberi izin untuk isolasi mandiri oleh Dinkes DKI. Namun, setelah isolasi lima hari, pasien itu dinyatakan positif varian omicron.

"Lima hari kemudian tes positifnya Omicron, jadi kita kejar lagi yang bersangkutan kita tes lagi semua dan alhamdulillah sudah negatif," ujarnya.

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap ada satu pasien Corona varian Omicron yang lolos dari karantina di Wisma Atlet. Luhut menyebut orang tersebut lolos dari karantina bersama keluarganya.

"Kemarin ada satu orang yang lolos dari situ karena pergi dengan keluarganya," tutur Luhut.

Dia tak menjelaskan detail siapa orang tersebut. Meski demikian, Luhut meminta peristiwa ini tak terjadi lagi dan pemberian dispensasi karantina dilakukan lebih ketat

"Ini kita harapkan tidak terjadi lagi. Tidak ada permintaan dispensasi yang tidak betul-betul alasan kuat. Dispensasi bisa diberikan dengan alasan kuat misalnya dokter kesehatan hal-hal urgen lain," tuturnya.

Simak juga Video: Omicron Meningkat, Komisi IX DPR: Kenapa PPKM Level 3 Dibatalkan?

[Gambas:Video 20detik]

(idn/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT