Khofifah Puji Program Pemberdayaan Wanita Kota Mojokerto

Angga Laraspati - detikNews
Senin, 27 Des 2021 11:26 WIB
Pemkot Mojokerto
Foto: Pemkot Mojokerto
Jakarta -

Dalam memperingati Hari Ibu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengucapkan selamat hari ibu kepada Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari. Khofifah juga mengapresiasi kesuksesan sejumlah program pemberdayaan wanita yang digalakkan oleh sosok yang akrab disapa Ning Ita tersebut.

"Dari seluruh penjelasan panjenengan, sangat kuat kaitannya dengan hari ibu. Dimana sosok ibu dapat memberikan nafas kesatuan dan persatuan sehingga dapat memberikan perubahan berdampak baik," ujar Khofifah dalam keterangan tertulis, Senin (27/12/2021).

Hal yang dimaksud di antaranya yaitu melalui kegiatan inkubasi wirausaha yang didominasi oleh perempuan. Lalu, melibatkan perempuan dalam upaya ketahanan pangan melalui pembentukan Kelompok Wanita Tani (KWT) di setiap kelurahan. Serta, upaya menghindari ketertinggalan pendidikan melalui pemberian bantuan pendidikan dari jenjang TK-SMA, negeri maupun swasta.

Selain itu, Khofifah juga sempat menaruh perhatian pada kebaya dengan aksen Surya Majapahit yang dikenakan oleh para undangan perempuan yang hadir bersama Ning Ita. Hal tersebut mengingatkannya pada spirit Majapahit yang seharusnya juga dimiliki oleh para perempuan dalam kehidupan sehari-hari.

"Dimana artinya para perempuan juga menjadi juru damai, membangun harmoni di antara berbagai dinamika yang ada di masyarakat," tambah Khofifah.

Mendengar hal tersebut, Ning Ita lantas berterima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Khofifah.

"Maturnuwun Ibu, tentu segala arahan demi kebaikan kedepannya siap kami laksanakan," tutur Ning Ita.

Selain bersama para perwakilan sejumlah organisasi perempuan di Kota Mojokerto, seperti DWP, PKK, Bhayangkari, dan sebagainya, Ning Ita juga didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo.

Sementara itu, selain Ning Ita, terdapat Bupati Banyuwangi dan Bupati Blitar yang juga turut hadir secara daring.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menjadi salah satu kepala daerah perempuan Jawa Timur yang hadir dalam peringatan Hari Ibu ke-93 yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, kemarin.

Acara tersebut digelar baik secara langsung di Paseban Sena Kota Probolinggo, maupun virtual melalui aplikasi Zoom. Pada forum luring di Kota Probolinggo, Khofifah didampingi oleh istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak sekaligus Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Jawa Timur, Arumi Bachsin.

(ega/ega)