16 Narapidana di Lapas Cilegon Dapat Remisi Natal

M Iqbal - detikNews
Sabtu, 25 Des 2021 13:20 WIB
Gambar ilustrasi penjara (Reuters / Dario Pignatelli)
Ilustrasi penjara (REUTERS/Dario Pignatelli)
Cilegon -

Sebanyak 16 narapidana di Lapas Cilegon mendapat remisi tepat pada Hari Raya Natal 2021. Tidak semua mendapat remisi, hanya yang berperilaku baik yang mendapat remisi.

"Terima kasih kepada seluruh jajaran UPT Pemasyarakatan Banten, saya apresiasi terhadap kegiatan penyerahan remisi yang merupakan wujud transparansi terhadap pemberian hak narapidana. Sehingga nanti ke depan bisa menjadi warga negara yang baik dan kembali ke masyarakat yang berkelakuan baik," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Tejo Harwanto kepada wartawan, Sabtu (25/12/2021).

Tejo mengatakan 16 orang orang mendapatkan remisi khusus I atau pengurangan sebagian, sedangkan tidak ada yang mendapatkan RK II atau langsung bebas. Tejo berharap napi yang mendapat remisi khusus Natal ini dapat memberi contoh ke narapidana lain dalam berkelakuan baik.

"Saya ucapkan selamat atas didapatkannya remisi Natal ini, tetap jaga perilaku Anda semua, berikan contoh yang baik bagi teman-teman narapidana yang lainnya," kata dia.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II-A Cilegon, Sudirman Jaya, mengatakan pemberian remisi merupakan bentuk apresiasi yang diberikan negara bagi narapidana yang telah berusaha dan menunjukkan perubahan perilaku yang lebih baik.

"Ini hadiah bagi narapidana yang telah berkelakuan baik, siapa pun bisa mendapatkan remisi tergantung dari kemauan narapidana itu sendiri, saya ucapkan selamat," ujar Sudirman.

Simak juga video 'Jokowi Berharap Pandemi Tak Kurangi Kegembiraan Natal':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)