Menerka Tujuan Jokowi Teken Perpres Atur Posisi Wamen Sosial

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 20:53 WIB
Hendri Satrio
Hendri Satrio (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu meneken perpres yang mengatur posisi Wakil Menteri (Wamen) Sosial atau Wamensos. Apa tujuan Presiden Jokowi membuka posisi Wamen Sosial? Begini analisis pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio.

"Wamen, Wakil Menteri Sosial yang baru saja ditetapkan oleh Pak Jokowi ini memang cukup membingungkan sebetulnya. Dari postur juga akan semakin gemuk kabinet kerja," kata Hendri kepada wartawan, Jumat (24/12/2021).

Analisis Hendri, Presiden Jokowi ingin memuaskan banyak pihak di akhir jabatannya. Selain itu, menurutnya, pengaturan posisi Wamen Sosial ini berkaitan dengan tindakan Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma yang kerap menimbulkan kontroversi.

"Tapi karena memang sudah akhir-akhir masa jabatan, akhir-akhir periode mungkin Pak Jokowi ingin mencoba memuaskan banyak pihak, terutama orang-orang yang membantu dirinya," terangnya.

"Tapi di sisi lain juga, selama menjadi Menteri Sosial, Ibu Risma kerap membuat kontroversi, yang menurut saya, bisa juga mengganggu citra pemerintahan Pak Jokowi," sebut pakar politik yang kerap disapa Hensat itu.

Simak juga video 'Ekspresi Jokowi saat Giring Singgung Sosok Pembohong Pernah Dipecat':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.