Kursi Wamen Kian Banyak Disiapkan untuk Menteri Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 06:31 WIB
Sepanjang tahun 2019, negara tercinta kita ini telah melewati beberapa peristiwa politik bersejarah. Salah satunya ialah momen pelantikan para pejabat negeri ini.
Foto ilustrasi Istana Merdeka (Dok)
Jakarta -

Hingga saat ini, sudah ada 15 wakil menteri (wamen) dalam Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ada pula kursi yang belum terisi. Kini Jokowi meneken lagi peraturan yang menambah kursi wamen.

Jumlah kursi wamen kian banyak usai Presiden Joko Widodo meneken Perpres Nomor 110 Tahun 2021 tentang Wakil menteri Sosial (Wamensos), pekan kemarin. detikcom melihat Perpres ini pada Kamis (23/12/2021).

"Dalam memimpin Kementerian Sosial, Menteri dapat dibantu oleh Wakil Menteri sesuai dengan penunjukan Presiden. Wakil Menteri diangkat dan diberhentikan oleh Presiden. Wakil Menteri berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri. Wakil Menteri mempunyai tugas membantu Menteri dalam memimpin pelaksanaan tugas Kementerian Sosial," demikian isi Pasal 2 Perpres tersebut.

Pada Perpres yang diteken 14 Desember tersebut dijelaskan ruang lingkup tugas Wakil Menteri Sosial. Pertama membantu Menteri dalam merumuskan atau pelaksanaan kebijakan di Kemensos.

Kemudian membantu Menteri, dalam hal ini Mensos Tri Rismaharini (Risma), mengoordinasikan pencapaian kebijakan strategis lintas unit organisasi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya atau Eseleon I.

Selanjutnya, kritikan datang:

Simak juga 'Aksi Risma Kais Batu Saat Kunjungi Pengungsi Semeru Jadi Sorotan':

[Gambas:Video 20detik]