PAN: Selamat KH Miftachul Akhyar-Gus Yahya, Bawa PBNU Lebih Besar!

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 13:10 WIB
Ketum PAN Zulkifli Hasan
Zulkifli Hasan (Faiq Azmi/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengucapkan selamat atas terpilihnya KH Miftachul Akhyar sebagai Rais Aam PBNU dan KH Yahya Cholil Staquf sebagai Ketua Umum PBNU pada Muktamar ke-34 di Lampung. Zulkifli atau Zulhas yakin dua sosok ini bisa membawa perubahan besar di PBNU.

"Saya percaya Kiai Miftachul Akhyar dan Gus Yahya akan mengemban amanah dengan baik serta membawa PBNU menjadi organisasi yang lebih besar kiprah dan kontribusinya untuk umat dan bangsa," kata Zulhas kepada wartawan, Jumat (24/12/2021).

Zulhas menyebut Muktamar PBNU ke-34 di Lampung menunjukkan proses mencari pemimpin kaum nahdliyin yang demokratis, guyub, penuh kegembiraan, dan membawa dampak positif bagi bangsa dan negara. Zulhas memuji tokoh-tokoh di NU yang mewujudkan Muktamar NU dengan wajah damai.

"Teladan yang ditunjukkan oleh para kiai, tokoh, muhibbin, santri, dan seluruh warga nahdliyin yang terlibat dalam Muktamar ke-34 kemarin patut mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Kita ucapkan selamat atas Muktamar yang berjalan sukses dan lancar. Menghasilkan pemimpin terbaik," kata dia.

Wakil Ketua MPR itu juga memuji kepemimpinan KH Said Aqil Siroj pada periode sebelumnya. Dia berharap Yahya Staquf menyempurnakan hal-hal yang sudah baik di era Said Aqil Siroj.

"Selamat bertugas dan mengemban amanah untuk Al-mukaram KH Yahya Cholil Staquf. Dari kepemimpinan KH Said Aqil Siroj, PBNU telah melakukan regenerasi kepada pemimpin yang lebih muda. Yang telah baik insyaallah menjadi lebih baik. Dari NU untuk peradaban dunia," ujar Zulhas.

Untuk diketahui, pemilihan calon Ketua Umum PBNU digelar di GSG Universitas Lampung, Jumat (24/12/2021). Penghitungan suara digelar secara terbuka dan disiarkan secara virtual.

Yahya Staquf resmi menjadi Ketum PBNU setelah menang di dua tahapan penghitungan suara. Di tahap pemilihan bacalon ketum, Yahya Staquf unggul dengan suara sebanyak 327.

(gbr/tor)