DPR Terima Surpres Revisi UU ITE, Kapan Mulai Dibahas?

Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 12:22 WIB
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (Dok. Istimewa).
Foto: Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (Dok. Istimewa).
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirim surat presiden (supres) revisi Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) secara resmi ke DPR. Kapan revisi UU itu mulai dibahas di DPR?

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa surpres tentang revisi UU ITE tersebut sudah diterima pada saat penutupan masa sidang II DPR tahun sidang 2021-2022, yaitu tanggal 16 Desember lalu. Karena itu, Dasco memastikan bahwa revisi UU ITE akan diproses pada masa sidang tahun depan.

"Bahwa surpres tentang revisi UU ITE itu datang atau sampai di DPR pada tanggal 16 Desember pada saat penutupan masa sidang. Sehingga baru akan diproses, sesuai dengan mekanisme yang berlaku, pada masa sidang depan," kata Dasco kepada wartawan, Jumat (24/12/2021).

Meski begitu, Dasco mengatakan bahwa pembahasan undang-undang dilakukan sesuai prolegnas prioritas yang telah ditetapkan. Dia menyebut, proses penyelesaian revisi undang-undang akan disesuaikan dengan matrik yang disusun DPR.

"Namun, seperti kita tahu bahwa prolegnas prioritas itu mempunyai prioritas-prioritas sesuai dengan urutan, dan tentunya kita akan segera proses sesuai dengan urutan yang ada dan akan diselesaikan sesuai matrik yang akan disusun oleh DPR," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud Md menyampaikan bahwa Presiden Jokowi serius melakukan revisi terhadap UU ITE. Mahfud juga mengungkapkan sejumlah arahan-arahan Jokowi terkait penghapusan pasal karet di UU ITE itu.

"Saya katakan (Presiden) serius, karena pemerintah dalam Surat Presiden bernomor R-58/Pres/12/2021 telah mengirim surat presiden atau supres kepada DPR tentang atau yang dilampiri rancangan UU tentang perubahan kedua atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik ditandatangani oleh Presiden pada 16 Desember 2021," kata Mahfud melalui keterangan yang diterima detikcom, Jumat (24/12).

Simak juga 'Baleg DPR Setujui Revisi UU ITE Masuk Prolegnas Prioritas 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)