Tanggul Jebol di Pondok Petir Depok Bikin Puluhan Rumah Kebanjiran Diperbaiki

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 16:40 WIB
Tanggul jebol di Pondok Petir, Depok, diperbaiki. (Foto: Dok. Situs resmi Depok)
Tanggul jebol di Pondok Petir, Depok, diperbaiki. (Dok. Situs Resmi Depok)
Jakarta -

Tanggul Kali Angke 5 yang jebol karena hujan deras di Pondok Petir, Bojongsari, Depok, membuat puluhan rumah di Perumahan Griya Yudha Garuda kebanjiran pada Kamis (16/12/2021) lalu. Tanggul jebol itu kini diperbaiki dengan melakukan penurapan menggunakan bronjong.

"Penurapan dilakukan di Perumahan Griya Yudha Garuda, mengingat Kali Angke berada di atas perumahan tersebut," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok Citra Indah Yulianty dalam keterangan tertulis, Kamis (23/12/2021).

Citra mengatakan pemasangan bronjong bertujuan melindungi dan memperkuat struktur tanah di sekitar tebing untuk mencegah longsor susulan. Selain itu, Citra menjelaskan, dibutuhkan alat berat untuk membersihkan material longsor dan menggali fondasi bronjong.

Hanya, Citra meminta warga setempat tetap waspada. Pasalnya, curah hujan saat ini masih tinggi.

"Turap yang sedang dikerjakan memiliki panjang 18 meter dan tinggi 6 meter. Kami berpesan kepada masyarakat untuk waspada terhadap potensi longsor dan banjir, mengingat saat ini curah hujan cukup tinggi," ucapnya.

Sebelumnya, tanggul Kali Angke 5 yang berada di Perumahan Griya Yudha Garuda, Pondok Petir, Bojongsari, Depok jebol. Puluhan rumah sempat kebanjiran akibat tanggul jebol.

Lurah Pondok Petir, Suhendar, mengatakan Kamis (16/12) sore hujan cukup lebat sehingga tanggul tidak mampu menampung debit air yang tinggi. Suhendar juga mengatakan kondisi tanggul memang kurang kokoh.

"Jadi kejadiannya kemarin sore sekitar jam 5, hujan cukup lebat. Jadi tanggul yang ada di atas perumahan Griya Yudha ini memang kondisinya kurang kokoh," kata Suhendar di Perumahan Griya Yudha Garuda, Jumat, (17/12).

"Ternyata di dalamnya banyak yang rapuh dan bolong-bolong. Kebetulan sore itu hujan deras tidak mampu menampung debit air yang ada sehingga tanggul tersebut jebol," sambungnya.

Suhendar mengatakan, saat tanggul jebol, air memasuki wilayah Perumahan Griya Yudha Garuda. Akibatnya, Perumahan Griya Yudha Garuda terendam banjir sekitar 50 cm.

"Kemarin sedengkul saya kurang-lebih 50 cm pas tanggul udah jebol," jelas Suhendar.

Lihat juga video 'Tanggul Anak Sungai Cikalundung Ambrol, 3 Rumah Terancam Longsor':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/hri)