Sungai Cidurian Meluap, Rumah-Tanggul di Sukajaya Bogor Rusak

M Solihin - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 22:00 WIB
Rumah dan tanggul jebol akibat luapan sungai Cidurian di Bogor
Rumah dan tanggul jebol akibat luapan sungai Cidurian di Bogor (Foto: Istimewa)
Bogor - Hujan deras yang mengguyur wilayah barat Kabupaten Bogor mengakibatkan Sungai Cidurian meluap, Kamis (16/12/2021) sore. Akibatnya, bangunan rumah dan tanggul di Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor rusak berat karena diterjang luapan Sungai Cidurian yang datang tiba-tiba.

"Kejadiannya tadi sore, Sungai Cidurian meluap kemudian masuk ke perkampungan dan menyebabkan 5 rumah terendam dengan ketinggian air 1 meter. Kemudian 1 rumah rusak terkena terjangan dari luapan sungai, posisinya rumah paling dekat ke sungai, kemudian ada tanggul juga yang jebol," kata Kepala Desa Harkat Jaya Neneng Mulyati, Kamis (16/12/2021).

Neneng menyebut, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Beberapa warga juga sudah diungsikan ke tempat lebih aman karena rumahnya terendam banjir dan khawatir air Sungai Cidurian kembali meluap.

"Untuk korban jiwa maupun luka tidak ada. Warga juga sebagian sudah diungsikan," kata Neneng.

Sementara itu, sejumlah petugas TNI, Polri dan BPBD Kabupaten Bogor juga sudah berada di lokasi untuk membantu warga dan melakukan penanganan dampak luapan Sungai Cidurian.

"Kondisi terakhir Sungai Cidurian sudah surut ya, sejak pukul 19:00 WIB. Sejauh ini masih relatif kondusif, tidak ada korban jiwa maupun luka. Anggota masih bersiaga di lokasi," kata Kasie Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Muhammad Adam, Kamis (16/12/2021) malam.

"Jadi kejadian ini akibat luapan Sungai Cidurian, tidak ada banjir bandang atau banjir lumpur," imbuh Adam menegaskan.

Selain di Harkat Jaya, beberapa bencana longsor juga terjadi di beberapa titik di kawasan Ciawi dan Megamendung Kabuoaten Bogor. Tim BPBD bersama masyarakat sekitar lokasi kejadian sudah melakukan penanganan terkait dampak longsor yang terjadi.

"Di sekitaran Ciawi ada longsir di beberapa titik, tapi sejauh ini masih relatif kondusif. BPBD bersama TNI Polri serta masyarakat tetap bersiaga. Belum ada informasi lanjut terkait dampak longsornya, kita masih tunggu perkembangan," kata Adam. (mud/mud)