Formula E di Ancol, Gerindra: Matangkan Persiapan, Jangan Sampai Hamburkan Uang

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 16:35 WIB
Ktua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani
Rani Mauliani (Dok. Istimewa/foto diberikan oleh narasumber)
Jakarta -

Panitia Formula E Jakarta telah mengumumkan Ancol sebagai lokasi balap mobil listrik. Menanggapi hal itu, Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani mengingatkan panitia untuk mempersiapkan penyelenggaraannya secara matang.

"Yang pasti dalam pembangunannya nanti harap dipersiapkan secara matang jangan sampai karena salah estimasi malah jadi menghamburkan uang percuma nantinya dikarenakan anggaran untuk event ini saja kan sudah cukup fantastis," ujarnya saat dihubungi detikcom, Kamis (23/12/2021).

Rani mengatakan pemilihan Ancol sebagai lokasi balap mobil listrik dirasa pas karena Ancol merupakan tempat wisata yang menjadi ciri khas Jakarta.

"Pas aja. Ancol saat ini masih jadi tempat wisata keluarga satu-satunya bagi warga Jakarta selain kebun binatang," ujarnya.

Lebih lanjut, Rani mengajak masyarakat Jakarta men-support Pemprov DKI dalam mempersiapkan gelaran Formula E agar tidak terjadi kendala.

"Mari kita serahkan dan support Pemprov untuk mempersiapkan ajang viral ini dengan sebaik-baiknya, bila Ancol dianggap layak jadi landasan pacunya, ya pasti mereka sudah mempertimbangkan dan memperhitungkan secara matang," ujarnya.

Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni mengatakan pemilihan Ancol sebagai lokasi balap mobil karena ada dua alasan.

"Pertama, Ancol adalah tempat dinamis, ikonik Jakarta, dan tempat tidak ganggu prasarana jalan masyarakat, jalan lain. Tertutup pelaksanaannya pada event satu hari Juni tanggal 4 2022," ujarnya di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12).

Sahroni mengatakan saat pelaksanaan Formula E 4 Juni ada manfaat, baik dari sisi lokasi, pendapatan pelaksanaan branding dan segala macam. Sebab itulah kenapa approval FIA dan FEO di Ancol.

"Dan tidak perlu lagi bangun sirkuit dari nol, karena Formula E beda dengan Formula 1. Yang dibangun seperti Mandalika, yang eksis dalam konteks balapan Formula 1," tuturnya.

Simak video 'Lika-liku Formula E Jakarta: dari Monas Hijrah ke Ancol':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)