Polisi Segera Panggil Bahar Smith dan Eggi Sudjana soal Ujaran Kebencian

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 15:13 WIB
Bahar bin Smith saat ini kembali diperbincangkan. Hal ini dikarenakan beredarnya sebuah video ceramah Habib Bahar bin Smith. Seperti apa bentuknya?
Habib Bahar bin Smith (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta -

Habib Bahar Smith dan Eggi Sudjana dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penyebaran ujaran kebencian. Laporan itu kini tengah diselidiki oleh penyidik Polda Metro Jaya.

"Saat ini penyidik kita sedang lakukan penyelidikan dan pendalaman terkait laporan tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (23/12/2021).

Laporan kepada Bahar Smith dan Eggi Sudjana dilayangkan ke Polda Metro Jaya pada Selasa (7/12). Keduanya dilaporkan atas dugaan ujaran kebencian oleh pelapor bernama Husin Shihab.

Selama 10 hari berselang, Bahar Smith kembali dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada Jumat (17/12) atas kasus serupa. Dia dilaporkan oleh seorang mahasiswa bernama Tubagus atas pernyataan Bahar Smith di insiden Km 50 yang dianggap menyebarkan kebencian di tengah masyarakat.

Zulpan mengatakan kedua laporan itu masih berproses. Penyidik, kata Zulpan, telah memiliki bukti atas dua laporan tersebut.

"Tentunya ke depan ini akan berproses secara hukum karena laporan yang diberikan oleh pelapor terhadap terlapor ini memiliki data. Artinya, memiliki bukti terkait dengan visualisasi atau rekam jejak laporan itu yang disertakan saat membuat laporan," jelas Zulpan.

Terkait kapan Bahar Smith dan Eggi Sudjana akan dimintai keterangan, Zulpan belum membeberkan waktu pemanggilan tersebut. Dia hanya menyebut penyelidikan laporan itu akan berlanjut hingga pemeriksaan terlapor.

"Tentunya kita akan mengagendakan untuk melanjutkan prosesnya ini," jelas Zulpan.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.