Polisi Kemungkinan Terapkan Ganjil Genap di Lokasi Wisata Jakarta

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 11:24 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo (Karin Nur Secha/detikcom)
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta - Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk membahas pengaturan pengunjung di lokasi wisata saat libur Natal dan tahun baru. Ganjil-genap kemungkinan akan dilaksanakan seandainya lokasi wisata dibuka.

"Untuk tempat wisata pada tanggal 1 Januari nanti akan dibicarakan, apakah tetap dibuka atau nanti akan ditutup untuk mencegah terjadinya kerumunan di tempat wisata," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (23/12/2021).

Namun, Sambodo mengatakan kebijakan ganjil-genap di tempat wisata akan otomatis diberlakukan jika Pemprov DKI Jakarta memutuskan membuka tempat wisata selama libur Nataru.

"Seandainya dibuka, maka kami akan melaksanakan ganjil-genap di tempat wisata tersebut," jelas Sambodo.

Untuk diketahui, aturan gage di tempat wisata saat libur Nataru ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 yang ditandatangani oleh Mendagri Tito Karnavian. Penindakan terhadap pelanggar gage tempat wisata diberlakukan polisi saat Operasi Lilin.

Operasi tersebut akan mulai digelar pada 23 Desember 2021-2 Januari 2022. Sebanyak 217 ribu personel gabungan dari kepolisian, TNI, dan Satpol PP dikerahkan dalam Operasi Lilin.

"Jadi, sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 62 Tahun 2021, seluruh objek wisata diterapkan ganjil genap, seluruhnya, dari Sabang sampai Merauke berlaku secara sama semua. Ini dalam rangka sama-sama kita memitigasi jangan sampai angka penyebaran COVID-19 meluas dan sebagainya," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Sabtu (27/11).

Sementara itu, Dedi menegaskan polisi tidak akan melakukan penilangan terhadap pelanggar gage di tempat wisata.

"Tidak ada penilangan," imbuhnya.

Simak Video 'Catat! 10 Titik Crowd Free Night di DKI saat Malam Tahun Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)