Pemudik Tujuan Toba 'Tertipu' Rute Google Maps, Terpaksa Putar Balik 35 Km

Ahmad Fauzi Manik - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 16:49 WIB
Ilustrasi Google Maps
Ilustrasi Google Maps (NESA by Makers on Unsplash)
Labura -

Pengemudi mobil tujuan Toba harus putar balik karena jalan yang ditunjukkan Google Maps ternyata belum bisa dilintasi. Warga yang nyasar kemudian datang ke kantor Desa Sibito, Labuhanbatu Utara, untuk menyampaikan keluhannya.

Keluhan warga tersebut kemudian direkam oleh seorang bernama Muhammad Alim Munthe. Dia mengatakan para pemudik itu hendak pulang ke Toba melalui jalur lintas Labura-Toba. Namun jalan itu belum bisa dilalui mobil.

"Itu seorang pengendara yang katanya dari perantauan mau mudik ke kampung halaman. Dia singgah di Kantor Desa Sibito, menyampaikan protesnya setelah tahu jalan ini ternyata belum tembus ke Tobasa," kata Alim ketika dimintai konfirmasi, Rabu (22/12/2021).

Alim yang merupakan Kasi Kesra di Kantor Desa Sibito mengaku kasihan dengan pemudik nyasar gara-gara petunjuk arah tak akurat. Dia sengaja merekam dan mengunggah keluhan warga datang ke kantor desa tersebut agar jadi peringatan bagi pengendara lainnya.

Alim mengatakan setidaknya ada lima orang setiap hari yang menjadi korban rute tak akurat tersebut. Menurut dia, sebagian orang yang nyasar berasal dari luar Sumut.

"Ada yang pelat B, pelat BM, banyak lah entah dari mana saja," kata Alim.

"Memang kalau kita minta petunjuk rute ke Tobasa sama Google Maps, kita suruh melintas dari jalan lintas Labura-Tobasa ini. Padahal jangankan mobil, kereta (sepeda motor) saja belum tentu bisa," sebutnya.

Alim menyebut jarak dari persimpangan Jalan Lintas Sumatera di Aek Kota Batu menuju ujung aspal jalan lintas Labura-Tobasa ini berjarak 35 km. Artinya, para pengemudi yang salah jalan gara-gara mengikuti Google Maps harus putar balik lagi sejauh 35 km.

"Dari Aek Kota Batu ke Sibito, sekitar 35 km," katanya.

Alim berencana menyampaikan hal ini kepada atasannya. Dia berharap peristiwa ini tak dialami oleh lebih banyak warga.

(haf/haf)