Kini Ngaku Tak Diperkosa, Wanita di Riau Cabut Laporan Polisi-Berdamai

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 14:59 WIB
Pekanbaru -

Wanita berinisial Z (19), yang sempat mengaku dan melapor ke polisi sebagai korban pemerkosaan oleh empat pria, tiba-tiba mengubah pernyataannya. Setelah mengaku tak ada pemerkosaan, Z kemudian menarik laporannya dari kepolisian.

"Hari ini mereka (Z) mencabut laporan dan damai," kata Kapolres Rokan Hulu AKBP Wimpiyanto saat dimintai konfirmasi, Rabu (22/12/2021).

Wimpiyanto mengatakan laporan dicabut setelah Z mengaku tak pernah menjadi korban pemerkosaan oleh empat pria seperti yang dilaporkannya. Terduga pelaku yang ditangkap kemudian dibebaskan.

"Iya (terduga pelaku dibebaskan)," ujarnya.

Sebelumnya, pengakuan mengejutkan disampaikan Z di Pekanbaru. Z, yang didampingi kuasa hukumnya, Andri P Hasibuan dan Firnando Hutagalung, menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat. Dia mengaku pemerkosaan itu tak pernah terjadi.

"Saya meminta maaf kepada semuanya di Indonesia. Saya tidak tahu, tiba-tiba suami mukuli saya bilang kalau saya pernah ada selingkuh sama Andika dan tiga pelaku lain," kata Z, Selasa (21/12).

Z mengatakan semua cerita yang dilaporkan ke Polsek Tambusai Utara tidak benar. Dia mengaku dipaksa berbohong oleh suaminya, S.

"Saya dipaksa. Saya tak mau terus-terusan dibilang orang pembohong, saya mengakui sama PH (penasihat hukum) karena sudah banyak orang baik sama saya," kata Z.

Sambil menangis, Z meminta maaf kepada seluruh jajaran di Polda Riau, Polres Rokan Hulu, dan Polsek Tambusai Utara.

"Kepada semua pak polisi, Bapak Kapolsek, Kanit, saya minta maaf sebesar-besarnya atas kesalahan saya dan suami saya. Tidak ada pemerkosaan," kata Z menangis.

Suami Z, yang ikut mendampinginya meminta maaf, langsung naik pitam. S tidak terima dengan pengakuan mengejutkan istrinya terkait kasus tersebut. Dia menuding Z diancam.

"Kau yang ngaku, kau bilang Andika yang melakukan. Kau kok ngomong kayak gini," kata S.

(ras/haf)