Kasus Wanita Ngaku Diperkosa Disetop, Bagaimana Nasib 4 Polisi Dimutasi?

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 16:25 WIB
Gedung baru Polda Riau (Raja Adil-detikcom)
Gedung baru Polda Riau (Raja Adil/detikcom)
Pekanbaru -

Polisi menghentikan kasus ibu muda di Rokan Hulu, Riau, berinisial Z (19) yang sempat mengaku diperkosa 4 pria. Terkait kasus ini, sudah ada 4 polisi yang dimutasi.

Kasus Disetop

Tim gabungan dari Polda Riau dan Polres Rokan Hulu dibentuk untuk menyelidiki kasus ini secara mendalam. Namun, polisi sempat menemui kejanggalan.

"Kejanggalan soal ketidaksesuaian di TKP. Saksi-saksi yang menguatkan temuan kita tersebut. Salah satunya hasil tes dari lie detector, juga temuan oleh tim penyidik yang menemukan beberapa kejanggalan," ujar Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto kepada wartawan, Rabu (22/12/2021).

Penyidik kemudian melakukan gelar perkara. Hasilnya, polisi menerbitkan Surat Penetapan Penghentian Penyidikan (SP3) karena kasus ini tak cukup bukti.

Hal itu juga diperkuat pernyataan Z pada Selasa (21/12) kemarin. Z mengaku tidak pernah diperkosa dan laporan hanya rekayasa setelah dipaksa sang suami, S.

Seorang pria bernama Andika yang sempat dijadikan tersangka pun bebas setelah kasus dihentikan.

"Terkait status Andika yang ditersangkakan kita berikan penangguhan penahanan dan kasus dihentikan. Penyidik sedang melakukan rapat untuk menentukan langkah berikutnya," kata Sunarto.

Z Cabut Laporan

Setelah mengaku tak ada pemerkosaan, Z kemudian menarik laporannya dari kepolisian. Laporan dicabut setelah Z mengaku tak pernah menjadi korban pemerkosaan oleh empat pria seperti yang dilaporkannya.

"Hari ini mereka (Z) mencabut laporan dan damai," kata Kapolres Rokan Hulu AKBP Wimpiyanto saat dimintai konfirmasi, Rabu (22/12).

Bagaimana nasib keempat polisi tersebut? Simak di halaman selanjutnya.