Anggota DPR Dukung Waktu Tunggu Hasil PCR Dipercepat: Urai Antrean Panjang

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 07:11 WIB
Tim tenaga kesehatan melakukan swab antigen di kawasan perumahan RW 10, Sunter Jaya, Jakarta Utara, Selasa (18/5).
Ilustrasi (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah bakal mempercepat proses pemeriksaan dan mengurangi waktu tunggu hasil tes PCR bagi pelaku perjalan luar negeri. Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo menyambut baik langkah pemerintah itu.

"Ini sangat membantu dan mengurai antrean panjang, baik di bandara, kemudian pelabuhan laut, kemudian perbatasan darat," ujar Rahmad Handoyo kepada wartawan, Selasa (21/12/2021).

Menurut Rahmad, sudah banyak keluhan dari warga negara Indonesia maupun warga negara asing yang tiba di Indonesia dari luar negeri terkait waktu tunggu hasil PCR. Untuk itu ia sangat mengapresiasi kebijakan ini.

"Saya kira ini menjadi satu langkah yang positif kita sambut baik," jelas Rahmad.

"Terima kasih kepada pemerintah dengan memperpendek proses waktu tunggu jam, karena salah satu waktu yang dibutuhkan lama menunggu adalah menunggu hasil PCR. Dengan begitu proses karantina juga akan lebih efektif soal waktu,' imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah akan mempercepat proses pemeriksaan dan mengurangi waktu tunggu hasil tes PCR bagi pelaku perjalanan dari luar negeri. Percepatan ini dilakukan selama masa libur Natal dan tahun baru.

"Kementerian dan lembaga terkait akan mempercepat proses pemeriksaan dan mengurangi waktu tunggu hasil PCR di pintu-pintu masuk," kata Menko PMK Muhadjir Effendy dalam konferensi pers, Selasa (21/12/2021).

Percepatan itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan di pintu-pintu masuk Indonesia. Muhadjir mengungkapkan percepatan dilakukan di pintu masuk dari luar negeri, baik di darat, laut, maupun udara.

"Sehingga tidak terjadi penumpukan pelaku perjalanan di luar negeri atau PPLN, di pintu-pintu masuk baik darat, laut, maupun udara," ujarnya.

(isa/zak)