Menaker Buka Rakernas Forum BLK dan Akan Kelola BLK Lampung

Dea Duta Aulia - detikNews
Selasa, 21 Des 2021 22:53 WIB
Menaker Ida Fauziyah
Foto: dok. Kemnaker
Jakarta -

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Forum Koordinasi Nasional Balai Latihan Kerja Komunitas Tahun 2021 di Radison Lampung Kedaton, Lampung.

Dalam sambutannya Ida mengapresiasi Forum Koordinasi Nasional BLK-K yang telah merumuskan peta jalan kemandirian BLK Komunitas.

"Kami berharap, peta jalan kemandirian ini dapat menjadi petunjuk dan segera diimplementasikan dalam bentuk aksi-aksi nyata demi tercapainya lembaga mandiri dan profesional yang menjadi harapan kita bersama," kata Ida dalam keterangan tertulis, Selasa (21/12/2021).

Ke depan, ia ingin forum ini mampu menyusun dan menetapkan program-program kerjanya, mengorganisasi seluruh stakeholders terkait, baik ditingkat lokal maupun nasional, serta memantau dan mengevaluasi programnya guna mendorong kemandirian BLK Komunitas.

Guna melancarkan hal tersebut, ia meminta Forum Koordinasi Wilayah Balai Latihan Kerja Komunitas agar mendukungnya.

"Saya harapkan Forum Koordinasi Wilayah Balai Latihan Kerja Komunitas yang telah dibentuk melalui SK Dirjen Binalavotas dan dikukuhkan secara resmi pada kesempatan ini ikut mendukung," ucapnya.

Sementara itu, saat mengunjungi BLK UPTD Lampung, Ida mengatakan pemerintah pusat siap mengelola dan mengembangkan BLK UPTD Lampung menjadi BLK UPTP yang bukan hanya memiliki standar nasional tapi juga internasional.

"Kita akan terus mendorong BLK Lampung agar dapat mencetak SDM yang mampu bersaing tidak hanya nasional tapi juga secara internasional," katanya.

Ia menyebut Pemda Lampung berkomitmen menyerahkan lahan seluas 20 hektare yang akan digunakan untuk membangun dan mengembangkan workshop kejuruan baru di BLK Lampung.

Di BLK Lampung juga akan dibangun workshop kejuruan pertanian, perikanan serta kejuruan pengolahan hasil pertanian dan perikanan yang menjadi kebutuhan utama masyarakat Lampung sebagai petani dan nelayan.

"Kita akan bangun workshop baru kejuruan pertanian, perikanan serta pengolahan hasil pertanian dan perikanan yang menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, proses administrasi penyerahan BLK UPTD Lampung menjadi BLK UPTP masih terus ditindaklanjuti prosesnya di Kementerian Ketenagakerjaan melalui Direktorat Jenderal Binalavotas.

"Mudah-mudahan proses penyerahan BLK UPTD Lampung menjadi BLK UPTP akan dilakukan pada tahun 2022," ucapnya.

(prf/ega)