Kemnaker Resmikan Balai Latihan Kerja Mini di Abu Dhabi

Dea Duta Aulia - detikNews
Selasa, 21 Des 2021 20:54 WIB
Kemnaker
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Pemerintah Indonesia meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Mini di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab pada Minggu (20/12/2021). Peresmian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sebelum pulang kembali ke Tanah Air.

BLK Mini yang terletak di kantor KBRI di Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab, merupakan tempat pelatihan untuk para PMI sambil menunggu kepulangan ke Indonesia.

"Keberadaan BLK Mini ini sangat penting bagi teman-teman PMI sebelum pulang kembali ke rumah. Karena di tengah persaingan global saat ini, kata kuncinya adalah bagaimana kita membekali diri dengan kompetensi yang cukup agar kita tetap relevan dengan perkembangan zaman," kata Direktur Pelatihan Vokasi dan Pemagangan, Kementerian Ketenagakerjaan, M. Ali Hapsah dalam keterangan tertulis, Selasa (21/12/2021).

Ia menambahkan, pihaknya mengapresiasi inisiasi Kedubes RI karena membangun BLK Mini di Abu Dhabi.

"Kira-kira yang dibutuhkan di sini pelatihan apa saja? Misalkan nanti akan mengadakan peralatan-peralatan, maka peralatan-peralatan itu akan disesuaikan disesuaikan dengan kebutuhan pelatihan," tambahnya.

Ali mengatakan, ada tiga hal yang mesti mendapatkan diperhatikan oleh para PMI. Pertama, perkuat hard skill seperti mengikuti pelatihan di BLK Mini, memperkuat soft skill, dan memperkuat literasi digital dengan memanfaatkan akses internet

"Soft skill ini adalah kemampuan kita untuk berinteraksi dengan yang lain, berkomunikasi dengan yang lain, kedisiplinan, kejujuran, ini yang harus dipertahankan. Karena handphone itu kalau bisa kita gunakan dengan baik, maka kita akan bisa memiliki skill yang berikutnya yaitu skill kewirausahaan," tutupnya.

(ega/ega)