Respons Pemprov Sumsel UNESCO Tetapkan Songket Jadi Warisan Budaya Malaysia

Prima Syahbana - detikNews
Minggu, 19 Des 2021 11:54 WIB
UNESCO tetapkan Songket Malaysia jadi warisan budaya tak benda (Foto: Twitter UNESCO)
UNESCO tetapkan Songket Malaysia jadi warisan budaya tak benda. (Foto: Twitter UNESCO)
Palembang -

UNESCO menetapkan songket Malaysia sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia atau Intangible Cultural Heritage. Pemprov Sumatera Selatan pun akhirnya angkat bicara.

Menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, apa yang dilakukan Malaysia mengajukan songketnya sebagai Warisan Budaya Takbenda Dunia itu sah-sah saja. Dia mengatakan songket punya banyak motif. Songket Malaysia disebut berbeda dengan songket yang ada di Indonesia, khususnya Sumatera Selatan.

"Saya rasa sah-sah saja kalau Malaysia mengajukan songket ke UNSECO. Karena memang Malaysia juga memiliki tenun songket. Namun motifnya berbeda. Lagi pula, songket bukan hanya dimiliki Sumsel. Provinsi lain juga punya songket, seperti Jambi. Bahkan Negeri Brunei juga punya songket," kata Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbupar), Aufa, saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (19/12/2021).

Menurutnya, songket Palembang sendiri itu sudah terdaftar secara Nasional. Dia mengatakan songket Palembang sudah disertifikasi oleh Kementerian RI.

"Namun untuk Sumsel sendiri, secara nasional Songket Palembang sudah mendapat sertifikasi dari Kemendikbud RI," terangnya.

Apa yang diajukan Malaysia ke UNESCO, sambungnya, itu merupakan hal yang wajar. Sebab, Malaysia juga mengangkat adat atau budaya Melayu seperti di Indonesia dengan mengenakan songketnya menjadi pakaian sehari-hari.

"Kemudian masalah Malaysia mengajukan songket sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO. Wajar saja, karena budaya memakai kain songket sudah membudaya di Masyarakat Malaysia, utamanya kalau mereka sedang memakai baju Melayu. Kemudian juga baju melayu merupakan pakaian masyarakat Malaysia sehari-hari mereka," jelasnya.

Sebelumnya UNESCO menetapkan songket Malaysia sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia atau Intangible Cultural Heritage. Penetapan ini dilakukan saat sesi ke-16 Intergovernmental Committee for Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Paris, Prancis, Rabu (15/12/2021).

Seperti dikutip dari The Star, Kementerian Pariwisata, Seni, dan Budaya Malaysia (MOTAC) menyatakan bahwa penetapan diputuskan oleh komite yang terdiri dari 24 negara anggota Konvensi 2003 untuk Perlindungan Warisan Budaya Takbenda. Sebelumnya songket Malaysia telah didaftarkan ke UNESCO tahun lalu.

"MOTAC melalui Departemen Warisan Nasional menominasikan songket dalam daftar warisan budaya takbenda UNESCO. Dokumen diajukan ke sekretariat UNESCO pada 31 Maret tahun lalu," demikian pemerintah Malaysia dalam pernyataannya.

Seperti diketahui, Indonesia juga memiliki songket sebagai kain tradisional. Beberapa yang cukup populer adalah songket Palembang, songket Bali, dan songket Silungkang khas Sumatera Barat.

(mae/mae)