Antisipasi Usai Katulampa Siaga 3, Debit Air Pintu Manggarai ke BKB dikurangi

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 20:09 WIB
Pintu Air Manggarai (Muhammad Hanafi-detikcom)
Pintu Air Manggarai (Muhammad Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Status Bendung Katulampa sempat masuk pada siaga 3. Sudin SDA Pintu Air Manggarai mulai melakukan antisipasi adanya banjir kiriman.

"Di sini kita antisipasi mengurangi debit air yang tadinya mengalir ke BKB (Banjir Kanal Barat), kita membagi dulu ke arah Marina, Ancol," ujar Operator Pintu Air Manggarai Adi Permana saat ditemui di Pintu Air Manggarai, Jumat (17/12/2021).

Lebih lanjut dia menjelaskan, saat ini pihaknya menahan tinggi Pintu Air Ciliwung lama arah Marina Ancol dan mengurangi ketinggian air di jalur Ciliwung arah Ancol. Hal ini akan mengurangi debit air kiriman saat tiba di Pintu Air Manggarai.

"Mengikuti sesuai SOP, dengan menahan tinggi bukaan Ciliwung lama yang mengarah ke Marina Ancol dan mengurangi ketinggian di jalur Ciliwung lama arah BKB. Agar nanti ketika air tiba di Manggarai, tidak terlalu meningkat volumenya," terangnya.

Pantauan detikcom, Jumat (17/12/2021), pukul 18.00 tinggi permukaan Bendung Katulampa berada di posisi 40 cm dengan status normal atau siaga 4. Sementara tinggi Pintu Air Manggarai 630 cm dengan status normal.

Diketahui sebelumnya, BPBD DKI Jakarta menyampaikan tinggi muka air di Bendung Katulampa. Bendung Katulampa berstatus siaga 3.

"Kami BPBD DKI Jakarta menginformasikan bahwa pukul 14.12 WIB ketinggian Bendung Katulampa 110 cm, mendung, dalam status siaga 3," demikian pernyataan dalam video yang diunggah akun resmi BPBD DKI, Jumat (17/12).

BPBD DKI mengimbau warga Jakarta agar mewaspadai banjir, khususnya warga yang tinggal di bantaran sungai.

(dwia/zak)