ADVERTISEMENT

Sungai Buntung Klaten Meluap Genangi Rumah, Warga Duga Ini Penyebabnya

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 17:50 WIB
Kondisi Sungai Buntung, Klaten, yang sempat meluap dan genangi rumah warga, Jumat (17/12/2021).
Kondisi Sungai Buntung, Klaten, yang sempat meluap dan genangi rumah warga, Jumat (17/12/2021). Foto: Achmad Syauqi/detikcom
Klaten -

Sungai Buntung di perbatasan Desa Carikan, Kecamatan Juwiring, dan Desa Kingkang, Kecamatan Wonosari, Klaten sempat meluap dan menggenangi rumah warga kemarin. Warga menduga air sungai meluap gegara bangunan di tepi sungai.

Camat Wonosari M Nur Rosyid menjelaskan bangunan-bangunan yang mepet Sungai Buntung sudah diingatkan. Namun para pemilik menyebut bangunan sudah sesuai sertifikasi.

"Sudah diingatkan tapi katanya sudah sesuai dengan sertifikat dan saling klaim. Rencana minggu depan dikumpulkan Kingkang dan Carikan untuk cari solusi bukan kambing hitam," kata Nur Rosyid saat dihubungi detikcom, Jumat (17/12/2021).

Warga Desa Carikan, Hartono (48), mengatakan ada beberapa bangunan yang berada di tepi sungai. Keberadaan bangunan itu memakan lahan kosong di pinggir sungai.

"Harusnya kan ada jarak dari aliran sungai, memang tidak menjorok ke tanah orang tapi di tepi sungai. Tidak hanya ini, itu juga, di sana juga ada," kata Hartono di lokasi sambil menunjuk ke arah timur sungai.

"Penyebabnya (air sungai meluap) itu karena ada bangunan-bangunan, untuk pabrik atau apa kita tidak tahu," imbuhnya.

Bangunan-bangunan itu, terang Hartono, mulai marak dibangun sekitar tiga bulan yang lalu. Sejak awal dirinya sudah menduga dengan keberadaan bangunan di pinggir sungai bisa memicu banjir.

"Sudah sekitar tiga bulan lalu, saya sudah menduga akan ada luapan. Air dari utara masuk ke pekarangan karena di tikungan ada tembok," imbuh Hartono.

Sementara itu, warga Desa Kingkang, Sri Loko (52), mengatakan air sungai meluap diduga disebabkan adanya rumpun bambu ambruk dan keberadaan bangunan di tepi sungai.

"Karena ada barongan ambruk tidak dibersihkan. Selain itu karena ada pondasi bangunan baru di utara sungai dan di selatan sungai," kata Sri.

Banjir luapan sungai itu, kata Sri, bukan yang pertama karena Jumat malam pekan lalu sudah ada kejadian serupa.

"Malam Jumat pekan lalu air sudah pernah naik. Tapi tidak setinggi malam Jumat kali ini airnya," imbuh Sri.

Diberitakan sebelumnya, hujan lebat membuat Sungai Buntung, Klaten, yang merupakan anak aliran Bengawan Solo meluap Kamis (16/12) petang.

Selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT