Urutan Polemik Karantina Mulan Jameela hingga Bakal Dipanggil Gerindra

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 17:25 WIB
mulan jameela  anggota dpr priode 2019- 2024
Mulan Jameela (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Mulan Jameela, dan keluarganya ramai diisukan tidak menjalani karantina selama 10 hari sepulang dari luar negeri. Mulan Jameela pun kini terancam bakal dipanggil Badan Disiplin Partai Gerindra.

Anggota DPR Fraksi Gerindra ini memang baru kembali dari kunjungan kerja sebagai wakil rakyat di Turki. Keluarga Mulan Jameela juga ikut dalam perjalanan tersebut.

Isu dari Medsos

Awal mula ramainya persoalan ini dari isu yang diembuskan oleh Adam Deni lewat akun media sosialnya. Dia memuat unggahan mengenai adanya seseorang yang mengaku bertemu Ahmad Dhani di Turki pada 2 Desember yang kemudian pulang ke Tanah Air pada 5 Desember.

Namun Adam Deni menyebut ada informasi bahwa Ahmad Dhani dan Mulan Jameela menampakkan diri di sebuah mal kawasan Jakarta pada 9 Desember. Dengan demikian, bila dihitung waktu, Mulan Jameela dan keluarga belum sampai 10 hari menjalankan masa karantina.

Bantahan Pengacara

Isu yang berembus ini lantas ditanggapi oleh pihak Mulan Jameela sekeluarga. Pengacara Ahmad Dhani (suami Mulan Jameela) membantah kebenaran isu ini.

"Berdasarkan informasi yang saya terima langsung satu, bahwa terkait adanya netizen yang menyebutkan keluarga mereka tidak melakukan Karantina setelah melakukan perjalanan dari Turki itu tidak benar," kata Ali Lubis, Minggu (12/12) kemarin.

Sementara itu, Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI merespons persoalan itu dengan meminta semua pihak tidak termakan isu yang 'katanya-katanya'. Mereka menilai isu pelanggaran Mulan Jameela terkait karantina itu tidak jelas.

"Jangan termakan berita nggak jelas, Pak Adam bilang dia dapat info bahwa ada yang melihat Bu Mulan di PIM, pertanyaannya siapa orang itu? Dia kan cuma kasih info katanya-katanya," kata Wakil Ketua MKD DPR RI Nazarudin Dek Gam kepada wartawan, Senin (13/12)

"Siapa yang melihat Bu Mulan saat itu? Kita nggak boleh dong ini kan katanya-katanya. Kita jangan mudah juga termakan info tidak jelas seperti itu," imbuhnya.

Kunjungan Resmi

Kemudian terungkap bahwa Mulan Jameela ke Turki dalam rangka kunjungan kerja resmi. Sekjen DPR RI Indra Iskandar menjelaskan, Mulan Jameela, yang merupakan anggota Komisi VII DPR RI, melakukan kunjungan kerja pengawasan.

"Yang ikut sesuai AKUPA (Arah Kebijakan Umum Pengelolaan Anggaran) DPR 14 orang," kata Indra Iskandar kepada wartawan, Senin (13/12).

Simak video 'Postingan Netizen Soal Dugaan Keluarga Ahmad Dhani 'Keluyuran':

[Gambas:Video 20detik]



Penjelasan lengkap Setjen DPR di halaman selanjutnya.