Kemnaker Gelar Pelatihan Vokasi Award 2021, Ini Daftar Nominasinya

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 19:19 WIB
Pelatihan Vokasi Award
Foto: Kemnaker
Jakarta -

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menyerahkan anugerah kepada 38 nominasi di 10 kategori Pelatihan Vokasi Award (PVA) 2021 bertajuk 'SDM Kompeten, Indonesia Maju'. Penghargaan juga diberikan kepada insan dan Mitra Pelatihan Vokasi

Ida menjelaskan acara yang digelar di Tangerang, Banten hari ini bukanlah sekadar merefleksikan torehan prestasi di bidang pelatihan vokasi. Melainkan lebih sebagai lambang spirit dan komitmen untuk terus membangun keunggulan di tengah perubahan.

"Ketika kondisi sosial-ekonomi diwarnai oleh aneka macam disrupsi dan ketidakpastian, ternyata tetap banyak penggiat pelatihan vokasi yang mampu menuliskan kisah kesuksesan dengan tinta emas. Ketangguhan mereka menjadi salah satu bukti kekuatan SDM Indonesia, yang tak gampang menyerah meski dihantam gelombang masalah, " kata Ida dalam keterangan tertulis, Kamis (16/12/2021).

Menurut Ida, sudah sepatutnya pemerintah menghargai jerih payah SDM yang tak mudah menyerah tersebut. Bahkan pemerintah harus bisa memotivasi, memfasilitasi, dan berperan aktif mengembangkan benih-benih keunggulan lewat pelatihan vokasi.

Sehingga dapat melahirkan masyarakat ekonomi yang lebih kuat dan berdaya saing tinggi, sebagaimana visi dalam SDM Unggul, Indonesia Maju dan 9 Lompatan Menaker. Didampingi Sekjen Kemnaker, Anwar Sanusi dan Dirjen Binalavotas, Budi Hartawan, Ida menyebut pelatihan vokasi memiliki banyak keunggulan di masa pemulihan ekonomi.

Utamanya dalam meningkatkan daya saing angkatan kerja, serta memenuhi kebutuhan supply and demand di dunia usaha dan industri (DUDI). Pertama, durasinya yang relatif singkat. Selain itu juga input peserta yang tidak terbatas pada usia tertentu.

Lalu inklusif, yakni berlaku untuk semua kalangan, berorientasi penempatan kerja, kewirausahaan dan peningkatan produktivitas, fleksibilitas program pelatihan terhadap perubahan dunia kerja, SDM pengajar adalah praktisi, dan program pelatihan yang berfokus pada kompetensi yang dibutuhkan. Ida berharap PVA perdana tahun 2021 bisa digelar secara rutin setiap tahun.

"PVA ini sebagai salah satu langkah percepatan peningkatan kompetensi tenaga kerja melalui pelatihan vokasi dan memberikan efek positif kepada para pelaku yang bergerak dibidang pelatihan vokasi agar meningkatkan kualitas, baik lembaga maupun lulusan peserta pelatihan, " ujarnya.

Dikatakannya, pemilihan nominasi dalam ajang PVA 2021 telah melalui proses objektif serta ikut melibatkan Dewan Juri yang kompeten di bidangnya.

"Namun demikian, kami sangat terbuka dengan masukan serta saran yang konstruktif untuk menjadikan Pelatihan Vokasi Award ini lebih baik dari tahun ke tahun, " tandasnya.

Sebagai informasi berikut adalah 38 nominasi yang meraih PVA 2021. Di antaranya, 3 BLK UPTP terbaik pada PVA 2021, 3 BLK UOTD terbaik, 3 BLK Komunitas terbaik, 3 LPK swasta terbaik, serta 2 LPK perusahaan (training center) terbaik. Selain itu penghargaan juga diberikan kepada 3 perusahaan penyelenggara pemagangan dalam negeri terbaik, 3 perusahaan penyelenggara pemagangan luar negeri terbaik (sending organizer) terbaik, 3 lembaga Sertifikasi Profesi P2 terbaik; 3 Instruktur berprestasi, dan 3 alumni berprestasi.

Penganugerahan PVA 2021 disaksikan secara virtual oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, dan secara offline oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) 1999-2000, Bomer Pasaribu.

(ncm/ega)