Aparat Gabungan Copot 24 Bendera Pemuda Pancasila-GIBAS di Bekasi

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 10:31 WIB
Petugas gabungan dari Satpol PP Kecamatan Cilandak, TNI dan Polisi melakukan penurunan bendera organisasi di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.
Ilustrasi pencopotan bendera ormas (Grandyos Zafna/detikcom)
Bekasi -

Aparat gabungan menertibkan atribut organisasi masyarakat (ormas) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Ada 24 bendera dan 5 spanduk ormas yang dicopot.

"Yang diturunin itu ada 8 atribut atau bendera ormas," ujar Kapolsek Cikarang Selatan Kompol Satirin dalam keterangannya, Rabu (15/12/2021).

Penertiban itu dilakukan pada Selasa (14/12) siang. Personel gabungan yang terlibat yakni dari unsur Satpol PP, TNI, dan Polri.

Adapun, bendera yang ditertibkan itu milik 8 ormas, yakni GIBAS, GMBI, Pemuda Pancasila, BPPKB, WIJI, FBR, Pejuang Siliwangi dan POB.

"Total ada 24 bendera dan 5 spanduk," tutur Kompol Satirin.

Pencopotan atribut tersebut sudah atas persetujuan 8 ormas tersebut. Penertiban atribut berjalan kondusif.

Satirin menjelaskan atribut tersebut dicopot untuk menghindari konflik antarormas. Bendera kerap dijadikan sebagai simbol ormas yang sering memicu konflik.

"Terhadap potensi gangguan kamtibmas tersebut, kita melakukan kegiatan pencegahan dengan cara melakukan penertiban terhadap simbol-simbol dari kelompok maupun ormas karena simbol-simbol inilah kadang kadang menimbulkan konflik," sebut Kompol Satirin.


15 Bendera Ormas di Kota Bekasi Dicopot

Sementara itu, pencopotan atribut ormas juga dilakukan di Kota Bekasi, tepatnya di wilayah Bekasi Barat. Ada 15 bendera dan 3 spanduk FBR yang dicopot.

Simak juga 'Pemuda Pancasila Buka Suara soal Kantornya di Jakpus yang Disegel Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/mei)