Sekjen DPR Ungkap Mulan Jameela dan 13 Anggota ke Turki Kunker Pengawasan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 13 Des 2021 15:54 WIB
Mulan Jameela saat ditemui di Gedung DPR.
Mulan Jameela (Noel/detikFoto)
Jakarta -

Anggota Komisi VII DPR RI, Mulan Jameela, diisukan tak menjalani karantina sepulangnya dari Turki. Mulan Jameela ke Turki diketahui untuk melakukan kunjungan kerja (kunker) bersama Komisi VII DPR RI.

"Yang ikut sesuai AKUPA (Arah Kebijakan Umum Pengelolaan Anggaran) DPR 14 orang," kata Sekjen DPR RI Indra Iskandar kepada wartawan, Senin (13/12/2021).

Kunker Mulan Jameela bersama Komisi VII DPR itu dalam rangka pengawasan dan diplomasi. Adapun Komisi VII membidangi ilmu pengetahuan, teknologi, riset, dan energi.

"Kunker pengawasan dan diplomasi parlemen," ujar Indra.

Indra juga menyebut Setjen DPR melaporkan soal karantina ini ke BNPB. "Iya karena harus monitor secara periodik dan melaporkan ke Satgas BNPB," katanya.

MKD Minta Lapor

Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI menilai pihak yang melihat langsung Mulan Jameela tak karantina melapor.

"Jangan termakan berita nggak jelas, Pak Adam bilang dia dapat info bahwa ada yang melihat Bu Mulan di PIM, pertanyaannya siapa orang itu? Dia kan cuma kasih info katanya-katanya," kata Wakil Ketua MKD DPR RI, Nazarudin Dek Gam kepada wartawan, Senin (13/12).

"Siapa yang melihat Bu Mulan saat itu? Kita nggak boleh dong inikan katanya-katanya. Kita jangan mudah juga termakan info tidak jelas seperti itu," imbuhnya.

Pengacara Ahmad Dhani Bantah Isu

Pengacara Ahmad Dhani, Ali Lubis, menegaskan kliennya dan keluarga, termasuk anggota DPR RI Mulan Jameela, tidak jalan-jalan ke mal usai pulang dari Turki. Ali Lubis menyebut riwayat perjalanan Ahmad Dhani bisa dicek di aplikasi PeduliLindungi.

"Perlu saya sampaikan bahwa tidak benar pada tanggal 9 Desember 2021 sebagaimana apa yang disampaikan oleh netizen di media sosial, yang katanya keluarga Ahmad Dhani jalan-jalan di salah satu mal setelah pulang dari Turki itu tidak benar sama sekali," kata Ali Lubis saat dimintai konfirmasi, Senin (13/12).

"Karena hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat dan mengecek langsung riwayat perjalanan di aplikasi PeduliLindungi milik mereka pada tanggal tersebut," imbuhnya.

Simak Video: Tanggapan Satgas Soal Isu Keluarga Ahmad Dhani Tak Karantina

[Gambas:Video 20detik]




(rfs/gbr)