Syarat Anak di Bawah 12 Tahun Naik Pesawat Selama Nataru, Cek di Sini

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Senin, 13 Des 2021 16:42 WIB
Syarat Anak di Bawah 12 Tahun Naik Pesawat Selama Nataru, Cek di Sini
Syarat Anak di Bawah 12 Tahun Naik Pesawat Selama Nataru, Cek di Sini (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Syarat anak di bawah 12 tahun naik pesawat selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) jadi informasi penting yang perlu diperhatikan. Hal ini menyusul diterbitkannya Addendum Surat Edaran Satgas COVID-19.

Addendum SE Nomor 24 Tahun 2021 berisi berbagai aturan aktivitas dan mobilitas masyarakat selama periode Nataru. Addendum ini berlaku efektif mulai tanggal 24 Desember 2021-2 Januari 2022 sebagai bentuk pengendalian dan evaluasi dalam rangka pengendalian laju penularan COVID-19 selama periode Nataru.

Lalu apa saja syarat anak di bawah 12 tahun naik pesawat selama Nataru? detikcom merangkum informasi selengkapnya sebagai berikut.

Syarat Anak di Bawah 12 Tahun Naik Pesawat: Wajib RT-PCR 3x24 Jam

Merujuk pada Addendum terbaru, syarat anak di bawah 12 tahun naik pesawat selama periode Nataru yaitu adalah menunjukkan surat keterangan negatif RT-PCR yang diambil maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan. Sementara syarat menunjukkan kartu vaksinasi lengkap dikecualikan.

Syarat melampirkan RT-PCR juga berlaku untuk moda transportasi lainnya, baik kereta api, kapal laut, dan lain sebagainya.

Syarat Naik Pesawat untuk Usia Lainnya

Selain mengatur syarat anak di bawah 12 tahun naik pesawat, addendum SE Satgas juga mengatur syarat perjalanan udara untuk penumpang di atas 17 tahun. Adapun syaratnya antara lain:

  1. Wajib menunjukkan kartu vaksin lengkap (vaksinasi dosis kedua)
  2. Wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang diambil maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan
  3. Untuk pelaku perjalanan dewasa (di atas 17 tahun) yang tidak divaksin dosis lengkap karena alasan medis atau belum mendapatkan vaksin dosis lengkap maka dibatasi perjalanannya untuk sementara.

Kini informasi syarat anak di bawah 12 tahun naik pesawat selama libur Nataru sudah diketahui. Selama Nataru, pemerintah juga memberlakukan pembatasan mulai dari masuk mal hingga tempat wisata. Simak di halaman selanjutnya.