Mulan Jameela dan Keluarga Direkomendasi Karantina Mandiri, Dasarnya Apa?

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Des 2021 12:50 WIB
Mulan Jameela
Mulan Jameela (Foto: Instagram: @mulanjameela1)
Jakarta -

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Mulan Jameela dan keluarganya mendapat rekomendasi dari BNPB untuk karantina mandiri di rumah usai pulang dari Turki. Apa dasarnya?

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengungkapkan, anggota dewan dan pejabat negara setingkat menteri memang mendapat fasilitas karantina mandiri. Karantina mandiri ini bisa dilakukan di rumah.

"Sebagai contoh pejabat negara setingkat menteri kemudian anggota dewan ini juga apabila kembali dari luar negeri memang mendapat fasilitas untuk karantina mandiri bapak," kata Suharyanto saat menjawab pertanyaan Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto, dalam rapat dengar pendapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/12/2021).

Suharyanto menjelaskan maksud karantina mandiri. Meski namanya 'mandiri', Suharyanto menyebut karantina itu sejenis karantina terpusat.

"Artinya karantina mandiri itu tidak ditempatkan di hotel maupun tempat-tempat yang disiapkan. Jadi bisa di, kalau di tempat khusus gitu, Bapak. Karantina mandiri itu sama dengan karantina yang terpusat, Bapak," kata dia.


Dia menyebut karantina mandiri berlaku 10 hari. Mereka yang menjalani kewajiban tersebut diminta tidak berkeliaran.

"Jadi selama 10 hari diharapkan tidak ke mana-mana. Ada batasan-batasannya yang sudah kami sampaikan lewat surat edaran. Kalau memang ada yang melanggar, ini kasuistis, Bapak, jadi satu-dua bukan mencerminkan organisasi itu," kata Suharyanto.

Aturan Karantina

Namun, aturan karantina mandiri untuk anggota DPR itu tidak tercantum dalam SE Satgas No 23 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi COVID-19. SE tersebut diterbitkan pada 29 November 2021.

Satgas kemudian menerbitkan kembali adendum dari SE Satgas No 23 Tahun 2021. Adendum tersebut diterbitkan pada 2 Desember 2021.

Simak aturan lengkap di SE Satgas No 23 Tahun 2021 dan Adendumnya di halaman selanjutnya.

Simak Video: Tanggapan Satgas Soal Isu Keluarga Ahmad Dhani Tak Karantina

[Gambas:Video 20detik]