Gerindra Soroti Metode Kabur Napi Narkoba di Tangerang 'Sederhana Sekali'

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 13 Des 2021 08:35 WIB
Habiburokhman (Dok. Pribadi).
Foto: Habiburokhman (Dok. Pribadi).
Jakarta -

Seorang napi narkoba kabur dari di Lapas Kelas I A Tangerang, Banten, sejak lima hari lalu. Waketum Gerindra Habiburokhman mengaku bingung dengan kejadian napi kabur di lapas ini yang terus berulang.

"Beberapa waktu lalu WN China Cai Changpan juga berhasil melarikan diri. Pertanyaan besarnya apakah evaluasi pengamanan LP dilakukan secara reguler atau tidak ada evaluasi sama sekali," kata Habiburokhman kepada wartawan, Minggu (12/12/2021).

Kemudian, dia menyoroti cara kabur napi kali ini yang begitu sederhana. Habiburokhman menduga bahwa napi yang kabur itu ada kongkalikong dengan penjaga lapas.

"Metode kaburnya sederhana sekali, mungkin saja ada penjaga yang ikut terlibat. Harus ada penyelidikan yang maksimal untuk mencari siapa saja yang membantu pelarian itu," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Kakanwil Kemenkumham Banten, Agus Toyib, menegaskan seorang napi narkoba kabur bukan dengan cara melompat tembok Lapas Tangerang. Napi tersebut, kata dia, sempat izin keluar dari lapas.

"Jadi bukan kabur dari dalam lompat tembok, tapi napi ini ada proses izin keluar. Kemudian, saat berada di luar itu lari begitu saja," kata Agus kepada wartawan saat dimintai konfirmasi, Minggu (12/12).

Napi narkoba tersebut diketahui keluar dari Lapas Tangerang sejak Rabu (8/12). Napi itu memang mendapatkan izin keluar dari lapas untuk pembinaan kegiatan kerja.

"Dia pembinaan kegiatan kerja. Izin untuk kegiatan kerja," kata Pelaksana Harian Kepala Lapas Kelas IA Tangerang Nirhono Jatmokoadi, kepada wartawan saat dimintai konfirmasi, Minggu (12/12).

Lihat juga video 'Napi Kasus Penganiayaan di Jambi Kabur dari Lapas':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/gbr)