ADVERTISEMENT

Sambutan Bak Pahlawan Warga Karo yang Temui Jokowi Demi Jalanan Rapi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 12 Des 2021 21:40 WIB
Foto: Warga di Liang Melas Datas Diberikan Kalung Bunga Usai Bertemu Presiden Jokowi (dok. Istimewa)
Foto: Warga di Liang Melas Datas Diberikan Kalung Bunga Usai Bertemu Presiden Jokowi (dok. Istimewa)
Jakarta -

Warga asal Melas Datas, Karo, Sumatera Utara (Sumut), yang menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut seperti pahlawan saat kembali ke kampung halamannya. Mereka pergi ke Istana Kepresidenan, Jakarta, untuk meminta perbaikan jalan dengan membawa satu truk jeruk.

Bentuk Penghormatan

Kabar pulangnya sejumlah warga yang bertemu Presiden Jokowi itu disampaikan kata warga Liang Melas Datas, Ina Perangin-angin, kepada wartawan, Minggu (12/12/2021). Mereka kembali ke Karo pada Sabtu kemarin.

"Sudah sampai, tadi malam sampai kampung jam 08.00 WIB," kata Ina.

Setiba di Liang Melas, sejumlah warga itu dikalungkan bunga di lehernya. Menurut Ina, hal itu ditujukan sebagai bentuk penghormatan kepada mereka karena sudah dianggap menjadi pahlawan kampung.

"Memeriahkan pakai bunga. Senang, bersyukur mereka kembali ke kampung dengan sehat-sehat. Mereka memang salah satu pahlawan untuk kampung kami," ujar Ina.

Ina mengatakan mereka rela menempuh jarak yang jauh dengan mobil demi memperjuangkan kebutuhan warga Kampung Melas Datas.

"Berjuang ke Jakarta naik mobil demi memperjuangkan kampung," tutur Ina.

Warga Karo Bawa Truk Jeruk ke Istana

Seperti diketahui, sejumlah warga Karo beraksi demi jalan di kampung halamannya rapi. Satu truk jeruk dikirim ke Presiden Jokowi.

Mereka yang menemui Jokowi adalah warga dari Liang Melas Datas, Karo, Sumatera Utara (Sumut), yang menemui Jokowi dengan membawa satu truk jeruk.

"Mudah-mudahan jadi perhatian Bapak, Desa Liang Melas, sebab kondisi jalan agak susah. Dengan adanya kami mengantar oleh-oleh, mungkin nanti bisa jadi perhatian Bapak," ujar salah seorang tokoh masyarakat Liang Melas Datas, Setia Sembiring, saat memberangkatkan buah jeruk di Medan, Jumat (3/12/2021).

Jokowi sendiri sudah mendengar permasalahan ini sebelumnya. Jokowi mengunggah momen dikirimi satu truk jeruk oleh warga Karo.

"Saya kedatangan tamu dari Sumatera Utara siang tadi. Enam warga Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, jauh-jauh membawa oleh-oleh tak sedikit: satu truk buah jeruk untuk saya. Para warga itu datang menyampaikan aspirasi terkait jalan rusak di daerah mereka yang berdampak pada enam desa dan tiga dusun di Liang Melas Datas," kata Jokowi dalam Instagram resminya, Selasa (7/17/2021).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT