ADVERTISEMENT

PDIP Kritik Rp 2 M buat Aspal Rumdin Gubsu: Pantas Warga Karo Ngadu ke Jokowi

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 18:40 WIB
Rumah dinas Gubsu (dok. detikcom)
Rumah dinas Gubsu. (dok. detikcom)
Medan -

PDIP Sumatera Utara (Sumut) mengkritik Pemprov Sumut yang menganggarkan Rp 2 miliar untuk pengaspalan di rumah dinas Gubernur Sumut. PDIP menilai wajar jika warga Liang Melas Datas, Karo, langsung mengadu ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk perbaikan jalan.

"Berdasarkan hal tersebutlah rakyat seperti yang dilakukan oleh warga Liang Melas Datas langsung ke Presiden mengadukan keluh kesahnya terhadap jalan yang rusak parah," ucap Aswan kepada wartawan, Jumat (10/12/2021).

Aswan mengatakan rakyat Liang Melas Datas mengadu ke Jokowi karena menilai mereka tidak akan ditanggapi jika mengadu ke Pemprov. Aswan menuding Gubsu Edy Rahmayadi mementingkan fasilitas sendiri.

"Karena mengadu ke pemerintah daerah dan provinsi mereka tahu tidak akan diberikan solusi karena masih lebih mementingkan fasilitasnya sendiri," ujarnya.

Aswan menyebut seharusnya Gubsu Edy peka dan memprioritaskan perbaikan jalan di daerah daripada rumah dinasnya. Dia menjelaskan jalan-jalan di daerah menjadi penghubung ke pusat perekonomian warga.

"Seyogianya pengerjaan aspal rumah dinas tidak dianggarkan, tetapi anggarannya dialihkan ke daerah yang membutuhkan," tutur Aswan.

"Saat ini rakyat sudah apatis dengan kinerja Pemprovsu," sambungnya.

Sebelumnya, Pemprov Sumut menganggarkan Rp 2 miliar untuk pengaspalan rumah dinas gubernur. Proyek itu menggunakan APBD-P 2021.

Dilihat detikcom dari LPSE Sumut, Jumat (10/12), proyek tersebut diberi nama pengaspalan rumah dinas gubernur dengan kode tender 21066027.

"Tender sudah selesai," demikian tertera dalam situs tersebut.

Tender tersebut berada pada satuan kerja Biro Umum dan Perlengkapan Pemprov Sumut. Dana untuk tender itu berasal dari APBD-P 2021. Dalam situs tersebut, tanggal pembuatan tender ditulis 9 November 2021.

"Nilai pagu paket Rp 2.001.442.500 (Rp 2 miliar). Nilai HPS paket Rp 1.998.386.375,71 (Rp 1,9 miliar)," demikian tertulis di situs LPSE Sumut.

Lihat juga video 'Aksi Pimpinan DPRD Labusel: Dulu Adu Jotos, Kini Ajak Ribut Pendemo':

[Gambas:Video 20detik]



(afb/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT