Jadi Ketum ISSI, Gubernur Kalteng Ingin Membumikan Budaya Bersepeda

Erika Dyah - detikNews
Minggu, 12 Des 2021 20:00 WIB
Jadi Ketum ISSI, Gubernur Kalteng Ingin Membumikan Budaya Bersepeda
Foto: Dok. Pemprov Kalteng
Jakarta -

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran baru saja dilantik menjadi Ketua Umum Pengprov Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kalteng periode 2021-2025. Diketahui, Pelantikan Pengprov ISSI merupakan rangkaian dari Rapat Kerja Nasional Tahun 2021 Pengurus Besar ISSI.

Sugianto menjelaskan pelantikan yang bertempat di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat pada Sabtu (11/12) ini dilakukan bersamaan dengan 4 provinsi lainnya, yaitu Pengprov ISSI Bangka Belitung, Pengprov ISSI Riau, Pengprov ISSI Kalimantan Selatan, dan Pengprov ISSI Nusa Tenggara Barat.

Adapun Sugianto beserta jajaran pengurus ISSI Kalteng dilantik oleh Ketua Umum Pengurus Besar ISSI Jenderal Polisi Listyo Sigit. Ia menyebutkan, Irjen Pol. Nanang Avianto juga dilantik menjadi Wakil Ketua Umum ISSI Kalteng dan ada juga Ketua Harian yang baru dilantik, yaitu Rahmat Nasution Hamka.

Sugianto mengungkap ia bersama jajaran pengurus akan menghidupkan olahraga bersepeda bukan semata-mata untuk melahirkan pesepeda prestasi, tapi juga membudayakan olahraga bersepeda dalam masyarakat.

"Selaku Ketua Pengprov ISSI, hal utama adalah bagaimana kita melahirkan atlet pesepeda profesional yang unggul, sehingga Kalteng bisa berbicara di event tingkat nasional maupun internasional. Namun yang tak kalah pentingnya juga, bagaimana organisasi ISSI ini mampu membumikan budaya bersepeda di tengah-tengah masyarakat, dengan olahraga yang murah dapat melahirkan warga yang sehat," ungkap Sugianto dalam keterangan tertulis, Minggu (12/12/2021).

Lebih lanjut, Sugianto mengatakan pihaknya siap bekerja sesuai dengan rencana kerja yang telah disusun.

"Kita langsung kerja untuk melaksanakan agenda kerja yang telah disusun, semua jajaran pengurus berkomitmen agar organisasi ini mampu melahirkan atlet profesional, tentu atas dukungan semua pihak," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar ISSI Jenderal Polisi Listyo Sigit menerangkan dalam Rapat Kerja Nasional Tahun 2021 Pengurus Besar ISSI, masing-masing Pengprov ISSI menyerahkan dan menyampaikan program kerja tahun 2022. Ia menyebutkan ada 6 program utama dan strategis yang dalam program kerja yang meliputi peningkatan prestasi, di antaranya atlet, pelatih, komiser, venue, event, dan organisasi.

Sigit pun menyampaikan ISSI bisa menjadi kawah candradimuka untuk menjaring talenta-talenta bibit pesepeda yang bisa diorbitkan menjadi atlet berprestasi, yakni dengan melakukan perlombaan atau turnamen di tingkat daerah.

"Untuk kemudian kita kembangkan. Sehingga ke depan dari kita, bisa mengharumkan nama bangsa," ucap Sigit.

Lebih jauh, Sigit mengungkapkan ke depan PB ISSI dapat berkontribusi dalam industri maupun investasi yang berkaitan dengan sepeda dalam rangka memicu pertumbuhan ekonomi nasional. Ia meyakini perkembangan di dunia sepeda bisa menciptakan multiplier efek bagi daerah-daerah di sekitarnya.

(akd/ega)