Jenderal Sigit Tekankan PB ISSI Bangun Ekosistem Sport Sepeda

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 11 Des 2021 23:43 WIB
Acara pengukuhan pengurus PB ISSI masa bakti 2021-2025.
Acara pengukuhan pengurus PB ISSI masa bakti 2021-2025. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sports Sepeda Indonesia (PB ISSI), Jenderal Listyo Sigit Prabowo melantik dan mengukuhkan pengurus PB ISSI masa bakti 2021 - 2025. Sigit menekankan jajarannya akan membangun ekosistem sport sepeda.

Kepada para pengurus, Sigit menekankan agar olahraga menjadi spirit yang tumbuh di masyarakat setelah Indonesia berangsur-angsur pulih dari pandemi COVID-19. Untuk itu, ia meminta agar presensi sport sepeda menjadi salah satu pilihan olahraga yang digandrungi.

"Indonesia diakui oleh dunia mampu menyelenggarakan berbagai kegiatan olahraga nasional dan internasional dalam satu tahun terakhir. Mulai dari kegiatan PON nasional di Papua dan kemudian dilanjutkan dengan event internasional yang dilaksanakan di Mandalika," paparnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/12/2021).

Di samping itu Sigit menyampaikan Indonesia kini memegang presidensi G20 yang berarti pemimpin di antara negara dunia yang memiliki pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata.

"Presidensi G20 Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah, dan itu semua karena kita mampu mengendalikan laju pandemi COVID-19," tegas sosok yang juga Kapolri ini.

Sigit lantas menyinggung asesmen level Indonesia saat ini berada di bawah 1, karenanya kegiatan olahraga dapat dilaksanakan 75 persen dari kapasitas total. Sedangkan pada level 2 dan level 5, kegiatan olahraga dilaksanakan 50 persen dari kapasitas total.

"Artinya ini adalah kempatan kita untuk kemudian memanfaatkan kelonggaran aktivitas ini untuk betul-betul mempersiapkan rencana besar kita, khususnya rekan-rekan yang tergabung dalam PB ISSI agar menyusun kegiatan yang dapat memberi manfaat luas," jelas Sigit.

Acara pengukuhan pengurus PB ISSI masa bakti 2021-2025.Acara pengukuhan pengurus PB ISSI masa bakti 2021-2025. (Foto: dok. Istimewa)

Sigit kemudian menekankan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal upaya menggelorakan olahraga juga sejalan dengan upaya pemerintah mengevaluasi kembali ekosistem olahraga nasional. Hal itu ditekankan agar prestasi olahraga nasional bisa menjadi kebanggaan atlet, masyarakat, dan negara.

"Ada 14 cabang olahraga yang masuk dalam desain besar olahraga nasional, dan cabang olahraga yang ada di PB ISSI termasuk di dalamnya. Mengacu pada Perpres 86 tahun 2021, tujuan olahraga nasional tersebut adalah menumbuhkan budaya olahraga di masyarakat; meningkatkan kapasitas sinergitas dan produktivitas olahraga nasional; dan memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga," papar Sigit.

PB ISSIVisi misi PB ISSI (Foto: dok. Istimewa)


Sementara itu Ketua Harian PB ISSI, Wahyu Hadiningrat menerangkan pelantikan dan pengukuhan masa bakti 2021-2025 masih mengacu revisi 2021 yang telah diadakan pada 3 april 2021 di Jakarta. "Pada kesempatan ini dilantik 5 pengurus ISSI provinsi, meliputi Provinsi Kepulauan Babel, Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Provinsi Nusa Tenggara Barat," sebut dia.

Wahyu menuturkan visi Sigit untuk PB ISSI yakni sehat, berbudaya dan berprestasi dengan olahraga. Oleh sebab itu target para pengurus PB ISSI ke depan adalah menjadikan sepeda sebagai hobi masyarakat, sehingga selaras dengan hal tersebut dapat dilakukan proses menjaring atlet secara terbuka.

"Di dalam kegiatannya tentunya ada pencapaian berbentuk semakin banyaknya komunitas bersepeda agar proses kebijakan publik pada pemerintah daerah mengenai jalur sepeda atau track khusus merupakan kebutuhan masyarakat," jelasnya.

"Pak Ketua tadi sampaikan, tadinya kita memperoleh dua medali emas dan satu perunggu. Maka tahun berikutnya kita naikkan menjadi 2 atau 3 kali lipat," lanjut Wahyu.

(aud/hri)