Jadi Ketum PB ISSI, Jenderal Sigit Janji Tingkatkan Prestasi Atlet Sepeda

Herianto Batubara - detikNews
Sabtu, 11 Des 2021 20:19 WIB
Ketua Umum PB ISSI Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Ketua Umum PB ISSI Jenderal Listyo Sigit Prabowo Foto: dok ist
Jakarta -

Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) masa bakti 2021-2025. Sigit berjanji di masa kepemimpinannya dirinya akan berupaya meningkatkan prestasi para atlet sepeda sehingga bisa mengharumkan nama bangsa.

Hal tersebut disampaikan Sigit usai Rakernas PB ISSI yang beragendakan pelantikan Ketua Umum sekaligus menyusun dan mengevaluasi kebijakan program kerja pengurus PB ISSI. Agenda ini digelar di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Sabtu (11/12/2021).

"Bagaimana ke depan sport sepeda ini menjadi salah satu, sumbangan kontribusi dalam rangka mengharumkan nama bangsa di event Internasional apakah itu di Asean Games, Sea Games, Olimpiade ataupun kejuaraan-kejuaraan Internasional yang lain," kata Sigit.

Sigit yang juga menjabat sebagai Kapolri ini mengatakan, jajaran kepengurusannya telah membuat rencana kerja dengan menselaraskan desain besar olahraga nasional yang dibuat oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Ketua Umum PB ISSI Jenderal Listyo Sigit PrabowoMomen serah terima kepemimpinan Foto: dok ist

Sigit mengatakan, dirinya memahami bahwa saat ini olahraga sepeda sangat digemari oleh masyarakat di seluruh wilayah Indonesia, dari pelosok hingga kota besar.

"Dan ini tentunya kita berusaha mewujudkan, membuat track-track atau jalur. Apakah itu di perkotaan atau kah track-track baru maupun seperti yang dikatakan oleh Ketum Koni, menyediakan track yang bisa digunakan untuk event Internasional," ujar Sigit.

"Untuk menambah Tour De Singkarak, Tour De Bali dan sebagainya, akan kita tambah sehingga Indonesia menjadi tujuan wisata sport. Sport tourism," tambah Sigit menekankan.

Ketua Umum PB ISSI Jenderal Listyo Sigit PrabowoSuasana Rakernas PB ISSI Foto: dok ist

Hal-hal tersebut, kata Sigit merupakan program yang telah dipersiapkan oleh jajaran kepengurusannya ke depan. Di samping itu, pihaknya juga akan membuat jalur sepeda baik di tingkat Kabupaten/Kota maupun Provinsi sehingga masyarakat memiliki jalur sepeda sendiri.

"Ini bisa jadi budaya. Mungkin satu minggu, sehari, dua hari seluruh aktivitas kegiatan masyarakat dilakukan dengan bersepeda, ini juga untuk mengurangi efek polusi energi fosil dari kendaraan. Ini juga tentunya sumbangan dari ISSI untuk membantu mengurangi efek rumah kaca. Ini juga bagian dari komitmen untuk mengelola perubahan iklim akibat efek rumah kaca. Ini adalah bagian dari rangkaian kita ke depan," papar Sigit.

Sigit menambahkan, ISSI bisa menjadi kawah candradimuka untuk menjaring talenta-talenta bibit pesepeda yang bisa diorbitkan menjadi atlet berprestasi, yakni dengan melakukan perlombaan atau turnamen di tingkat daerah.

"Untuk kemudian kita kembangkan. Sehingga ke depan dari kita, bisa mengharumkan nama bangsa," ucap Sigit.

Lebih jauh Sigit mengungkapkan bahwa, bagaimana PB ISSI dapat berkontribusi dalam industri maupun investasi yang berkaitan dengan sepeda dalam rangka memicu pertumbuhan ekonomi nasional. Sigit yakin, berkembangnya dunia sepeda bisa menciptakan multiplier efek bagi daerah-daerah di sekitarnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman sangat yakin, PB ISSI di bawah komando Listyo Sigit Prabowo akan menelurkan atlet-atlet pesepeda berkualitas yang ditargetkan meraih emas dalam berbagai event khususnya yang telah di depan mata yakni Sea Games Vietnam sehingga mengharumkan nama bangsa.

"Selamat bertugas bapak Listyo Sigit Prabowo beserta pengurusnya. Ketua Umum KONI pusat dan seluruh keluarga besarnya optimis sport sepeda akan maju ke depan," tutup Marciano.

(hri/fjp)