Pulang ke Karo, Warga Temui Jokowi Kirim 1 Truk Jeruk Disambut Bak Pahlawan

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Minggu, 12 Des 2021 12:24 WIB
Warga di Liang Melas Datas Diberikan Kalung Bunga Usai Bertemu Presiden Jokowi (dok. Istimewa)
Warga di Liang Melas Datas diberi kalung bunga setelah bertemu dengan Presiden Jokowi. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Sejumlah warga asal Melas Datas, Karo, Sumatera Utara (Sumut), yang menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) lalu meminta perbaikan jalan dengan membawa satu truk jeruk, kini sudah kembali pulang. Kepulangan mereka disambut seperti pahlawan oleh warga lainnya.

"Sudah sampai, tadi malam sampai kampung jam 08.00 WIB," kata warga Liang Melas Datas, Ina Perangin-angin, kepada wartawan, Minggu (12/12/2021).

Setiba di Liang Melas, sejumlah warga itu dikalungkan bunga di lehernya. Menurut Ina, hal itu ditujukan sebagai bentuk penghormatan kepada mereka karena sudah dianggap menjadi pahlawan kampung.

"Memeriahkan pakai bunga. Senang, bersyukur mereka kembali ke kampung dengan sehat-sehat. Mereka memang salah satu pahlawan untuk kampung kami," ujar Ina.

Ina mengatakan mereka rela menempuh jarak yang jauh dengan mobil demi memperjuangkan kebutuhan warga Kampung Melas Datas.

"Berjuang ke Jakarta naik mobil demi memperjuangkan kampung," tutur Ina.

Seperti diketahui, sejumlah warga Liang Melas ini berangkat sejak Jumat (3/12) menuju Jakarta untuk mengantarkan jeruk ke Presiden Jokowi. Keberangkatan mereka ini sekaligus meminta agar Presiden Jokowi memperbaiki jalan di desa mereka yang rusak parah.

Rombongan warga beserta truk berisi jeruk itu kemudian sampai ke Istana pada Senin (6/12) kemarin. Kedatangan warga disambut langsung oleh Presiden Jokowi.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi menerima enam perwakilan warga Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, di Istana Merdeka. Warga membawa satu truk 3 ton jeruk sebagai 'oleh-oleh' untuk Jokowi.

"Saya sudah dengar semua, kok, jadi nggak usah diceritakan saya sudah dengar. Hari Sabtu sudah saya perintah ke Menteri PU, kemarin (5/12) sudah sampai sana. Tadi pagi katanya sudah mulai melihat lapangan, sudah mengukur, nanti sebentar lagi dikerjakan," ujar Jokowi, Senin (6/12).

Selain itu, Jokowi mengunggah momen dirinya menerima jeruk dari warga. Dia juga mengaku akan berkunjung ke Liang Melas Datas jika jalan sudah diperbaiki.

"Jika perbaikan jalan selesai, suatu hari nanti saya akan berkunjung ke sana. Terima kasih telah datang ke Istana. Dan terima kasih untuk oleh-oleh buah jeruknya," tulis Jokowi di akun Instagram-nya.

Simak juga Video: Jokowi Terima Satu Truk Jeruk Warga Karo: Nanti Saya Bagi ke Menteri PUPR

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/rak)