Diminta Usut Dugaan Suap Rp 40 Juta Rachel Vennya ke Ovelina, Ini Kata Polisi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 11 Des 2021 18:47 WIB
Terdakwa Rachel Vennya bersama kekasihnya Salim Nauderer saat menjalani sidang perdana terkait pelanggaran karantina di Pengadilan Negeri Tangerang, Tangerang, Jumat, (10/12).
Rachel Vennya (Palevi/detikcom)
Jakarta -

Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) meminta aparat penegak hukum mengusut dugaan suap terkait pemberian uang Rp 40 juta Rachel Vennya kepada Ovelina Pratiwi agar lolos karantina. Polda Metro Jaya akan mempelajarinya.

"Ya nanti kita ini ya, kita pelajari dulu. Tentunya nanti yang terlibat di situ akan disusut tuntas," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi detikcom, Sabtu (11/12/2021).

Zulpan menjelaskan soal uang Rp 40 juta dari Rachel Vennya untuk menyogok Ovelina Pratiwi agar tidak dikarantina itu tidak pernah terungkap dalam BAP di kepolisian.

"Kita lihat dulu nanti dalam keterangan yang disampaikan dalam persidangan gitu, kan persidangannya udah vonis. Nanti kita akan pelajari dulu ya kalau memang betul (dugaan suap). Nah, Rachel pada saat pemeriksaan di Polda kan tidak menyebutkan gitu kalau nggak salah, dia mengungkapkan itu dalam persidangan," kata Zulpan.

Soal uang sogokan Rp 40 juta itu adalah fakta persidangan yang diungkap oleh Rachel Vennya. Namun penyidik perlu membuktikan ucapan Rachel Vennya itu.

"Kan harus dibuktikan dulu betul nggak itu. Bagaimana buktinya dia ini. Kan mengatakan itu memberikan uang kepada orang itu, ada buktinya apa nggak? Dalam bentuk transfer, dalam bentuk apa? Kita tidak ingin terburu-buru. Kan ada asas praduga tak bersalah, begitu ya," tuturnya.

"Kalau penanganan di Polda kan Rachel tidak melakukan karantina, kan begitu, itu yang menjadi persoalan pelanggar Undang-undang kekarantinaan. Kan persidangannya udah vonis," imbuhnya.


Rachel Vennya Akui Sogok Rp 40 Juta ke Ovelina

Dalam persidangan pada Jumat (10/12), Rachel Vennya mengaku membayar Ovelina Pratiwi Rp 40 juta demi tak dikarantina. Uang itu diberikan setelah Rachel tiba di Indonesia sepulang dari Amerika Serikat (AS).

Awalnya, hakim bertanya siapa saja yang membantu Rachel agar tidak menjalani karantina. Rachel mengaku dirinya hanya meminta bantuan kepada Ovelina.

"Kemudian kan Saudara pada saat itu memang ada yang membantu Saudara untuk tidak menjalani karantina. Tahu tidak waktu itu siapa?" kata hakim.

"Saya cuma tahu lewat Ovelina saja," ungkap Rachel.

"Nanti ada yang bantu begitu?" tanya hakim.

"Iya," singkat Rachel.

"Nanti sampai di Wisma Atlet, kamu ikutin saja nanti orang akan membawa kamu ke Wisma Atlet, begitu?" tanya hakim lagi.

"Iya," jawab Rachel.

Hakim lalu bertanya berapa nominal yang dibayarkan Rachel kepada Ovelina untuk prosedur lolos dari karantina. Rachel membayar Rp 40 juta kepada Ovelina.

"Waktu itu Saudara membayar berapa?" tanya hakim.

"Rp 40 juta," ungkap Rachel. Namun, kata Rachel, uang itu sudah dikembalikan saat ini.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

Saksikan Video 'Rachel Vennya Bayar Rp 40 Juta untuk Kabur dari Karantina':

[Gambas:Video 20detik]