Rachel Vennya dkk Divonis 4 Bulan Bui Masa Percobaan 8 Bulan!

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 17:11 WIB
Rachel Vennya Langsing Berkat Defisit Kalori hingga Makan Shirataki
Foto Rachel Vennya: Instagram/rachelvennya
Jakarta -

Selebgram Rachel Vennya, Salim Nauderer, dan Maulida Khairunnisa divonis 4 bulan penjara. Mereka dinyatakan bersalah melanggar protokol kesehatan.

"Mengadili, menyatakan Terdakwa Rachel Vennya Ronald, Salim Nauderer, Maulida Khairunnisa telah terbukti secara sah bersalah melakukan tindak pidana terkait karantina kesehatan," kata hakim saat membacakan vonis oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Jumat (10/12/2021).

"Dijatuhi pidana masing-masing selama 4 bulan dengan ketentuan hukuman tersebut tidak perlu dijalani, kecuali apabila di kemudian hari dengan putusan hakim diberikan perintah lain atas alasan terpidana sebelum waktu percobaan selama 8 bulan berakhir telah bersalah melakukan suatu tindakan pidana, dan denda masing-masing-masing denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan," lanjut hakim.

Sementara Ovelina Pratiwi yang juga terdakwa dalam kasus ini, dia divonis sama dengan Rachel dkk yakni 4 bulan dengan masa percobaan 8 bulan dan denda Rp 30 juta subsider 1 bulan kurungan.

Sebelumnya, jaksa menuntut Rachel Vennya, Salim Nauderer, dan Maulida Khairunnisa dituntut 4 bulan penjara, dengan masa percobaan 8 bulan. Jaksa juga menyebut selama masa percobaan Rachel dkk juga dituntut membayar denda masing-masing Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan.

"Menuntut supaya majelis hakim menjatuhkan pidana penjara terhadap Terdakwa I Rachel Vennya Ronald, Terdakwa II Salim Nauderer, Terdakwa III Maulida Khairunnisa, masing-masing selama 4 bulan dengan ketentuan bahwa hukuman tersebut tidak perlu dijalani. Kecuali apabila di kemudian hari dengan putusan hakim diberikan perintah lain, sebelum waktu percobaan selama 8 bulan berakhir telah bersalah melakukan suatu tindakan pidana," kata jaksa.

"Dengan syarat dalam masa percobaan dan pidana denda sebesar Rp 50 juta, dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan selama 1 bulan kurungan," lanjut jaksa.

Simak video 'Saksi JPU Sebut Rachel Vennya Tak Karantina di Wisma Atlet':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/dhn)