Rachel Vennya dkk Dituntut 4 Bulan Penjara dengan Masa Percobaan 8 Bulan

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 16:35 WIB
Teman-teman memberikan dukungan kepada Rachel Vennya di sidang kabur dari karantina.
Foto Rachel Vennya dkk (Muhammad Ahsan/detikHOT)
Jakarta -

Selebgram Rachel Vennya, Salim Nauderer, dan Maulida Khairunnisa dituntut 4 bulan penjara dengan masa percobaan 8 bulan. Jaksa juga menyebut, selama masa percobaan, Rachel dkk juga dituntut membayar denda masing-masing Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan.

"Menuntut supaya majelis hakim menjatuhkan pidana penjara terhadap Terdakwa I Rachel Vennya Ronald, Terdakwa II Salim Nauderer, Terdakwa III Maulida Khairunnisa, masing-masing selama 4 bulan dengan ketentuan bahwa hukuman tersebut tidak perlu dijalani. Kecuali apabila di kemudian hari dengan putusan hakim diberikan perintah lain, sebelum waktu percobaan selama 8 bulan berakhir telah bersalah melakukan suatu tindakan pidana," kata jaksa di PN Tangerang, Jumat (10/12/2021).

"Dengan syarat dalam masa percobaan dan pidana denda sebesar Rp 50 juta, dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan selama 1 bulan kurungan," lanjut jaksa.

Jaksa meyakini Rachel Vennya dkk bersalah melanggar prokes. Jaksa meyakini Rachel dkk melanggar Pasal 93 juncto Pasal 9 ayat 1 Undang-Undang RI Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Adapun hal meringankannya adalah Rachel dkk mengakui perbuatannya dan tidak berbelit-belit dalam memberikan keterangan. Sedangkan hal memberatkannya tidak ada.

Sidang akan dilanjutkan pembacaan vonis. Majelis hakim saat ini menskors sidang selama 30 menit sebelum membacakan putusan untuk Rachel dkk.

Simak video 'Saksi JPU Sebut Rachel Vennya Tak Karantina di Wisma Atlet':

[Gambas:Video 20detik]