ADVERTISEMENT

Wali Kota Bandung Meninggal Saat Salat Jumat, Ini Kronologinya

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 16:40 WIB
Walikota Bandung Meninggal Saat Salat Jumat, Ini Kronologinya
Wali Kota Bandung Meninggal Saat Salat Jumat, Ini Kronologinya -- jenazah Walkot Bandung Oded M Danial saat disolatkan (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Jakarta -

Wali Kota Bandung Oded M Danial atau kerap disapa Mang Oded dikabarkan meninggal sekitar pukul 12.00 WIB hari ini (10/12/2021) saat salat sunah di masjid Muhammadiyah, Jalan Sancang. Oded meninggal akibat sakit jantung. Rencananya jenazah akan dimakamkan di Kota Tasikmalaya.

"Benar, Bapak meninggal tadi saat salat sunah menjelang salat Jumat. Beliau rencananya jadi khotib," ujar Didik Ahmad Sidik, tim Wali Kota Bandung, saat dihubungi detikcom melalui telepon.

Untuk mengetahui berita terkini, simak informasi berikut yang telah kami himpun.

Wali Kota Bandung: Jatuh Saat Hendak Mengisi Khotbah

Kronologi meninggalnya Wali Kota Bandung bermula saat Mang Oded sedang melakukan salat sunah yang kemudian langsung terjatuh. Setelah itu, Mang Oded dibawa ke RS Muhammadiyah Bandung sebelum dinyatakan meninggal dunia.

Berdasarkan video yang diterima detikcom, Jumat (10/12/2021), tampak Mang Oded tiba-tiba jatuh. Jemaah salat Jumat langsung sigap mengerubungi Oded dan menolongnya.

Mang Oded kemudian digotong ramai-ramai dengan tandu berwarna oranye oleh delapan orang. Oded dibawa keluar dari masjid.

Meninggalnya Oded dibenarkan Ketua DPW PKS Jabar Haru Suwandaru. "Iya (meninggal dunia)," kata Haru saat dimintai konfirmasi wartawan.

Wali Kota Bandung: Tak Sadarkan Diri Saat Dibawa ke Rumah Sakit

Sebelum meninggal, Wali Kota Bandung Oded M Danial sempat tak sadarkan diri. Dalam keadaan tak sadar, Oded dilarikan ke rumah sakit terdekat, yaitu Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Oded tiba di RS sekitar pukul 11.45 WIB menggunakan ambulans.

Saat tiba di rumah sakit, Oded sudah menggunakan alat bantu pernapasan. Keterangan tersebut diucapkan oleh Dirut RS Muhammadiyah Kota Bandung Kautsar Boesoirie.

"Beliau datang dari Mujahidin menggunakan ambulans dan sudah terpasang oksigen pukul 11.45 WIB dan langsung masuk UGD," kata Kautsar.

Lebih lanjut Kautsar menambahkan, saat masuk UGD, Oded sudah menunjukkan sejumlah tanda-tanda telah meninggal.

"Diperiksa nadinya sudah tak teraba dan pupilnya sudah melebar. Itu adalah tanda beliau tidak ada. Kalau mendadak gitu, kemungkinan jantung," ucapnya.

Walau begitu, pihak rumah sakit terus mengupayakan dan berusaha memaksimalkan resusitasi jantung. Namun, dalam kurun waktu 10 menit, tidak menunjukkan perkembangan.

"Tidak ada respons, dinyatakan meninggal pukul 11.55 WIB," ujarnya.

Wali Kota Bandung akan dimakamkan di Tasikmalaya. Simak informasinya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT