ADVERTISEMENT

Wali Kota Bandung Oded Meninggal karena Sakit Jantung

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 13:50 WIB
Oded M Danial dan Yana, Pilwalkot Bandung
Wali Kota Bandung Oded M Danial (Foto: dok.detikcom)
Bandung -

Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia karena serangan jantung. Sebelum meninggal, Oded sempat tak sadarkan diri saat salat Jumat di Masjid Mujahidin, Kota Bandung.

Dalam keadaan tidak sadar, Oded dilarikan ke Rumah Sakit Muhammadiyah, Kota Bandung. Oded tiba di RS sekitar pukul 11.45 WIB dengan menggunakan ambulans.

Dirut Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Bandung Kautsar Boesoirie mengungkapkan, saat tiba di rumah sakit, Oded sudah menggunakan alat bantu pernapasan.

"Beliau datang dari Mujahidin menggunakan ambulans dan sudah terpasang oksigen pukul 11.45 WIB dan langsung masuk UGD," kata Kautsar.

Saat masuk UGD, kata Kautsar, Oded sudah menunjukkan sejumlah tanda-tanda telah meninggal.

"Diperiksa nadinya sudah tak teraba dan pupilnya sudah melebar. Itu adalah tanda beliau tidak ada. Kalau mendadak gitu, kemungkinan jantung," ucapnya.

Meski begitu, pihaknya terus melakukan upaya dengan tetap berusaha memaksimalkan resusitasi jantung. Namun, dalam kurun waktu 10 menit, tidak menunjukkan perkembangan.

"Tidak ada respons, dinyatakan meninggal pukul 11.55 WIB," ujarnya.

Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia. Oded meninggal dunia pada usai 59 tahun. Berikut profil singkat Mang Oded--sapaan akrab Oded--yang dihimpun dari humas.bandung.go.id, Jumat (10/12/2021).

Mang Oded lahir di Tasikmalaya, 15 November 1962, dan mengenyam pendidikan terakhir S1 Administrasi Publik di Universitas Pasundan, Kota Bandung. Karier politik Oded di Kota Bandung berlangsung lama dimulai dari menjabat sebagai Ketua Fraksi DPRD Kota Bandung periode 2004-2009.

Periode selanjutnya, Oded kembali dipercaya duduk di kursi legislatif sebagai Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Bandung 2009-2013. Pada periode itu, Oded juga menjabat Ketua DPD PKS Kota Bandung.

Berbekal pengalamannya di legislatif, Oded memenangi Pilwalkot Bandung berpasangan dengan Ridwan Kamil. Oded mendampingi Ridwan Kamil sebagai Wakil Wali Kota Bandung periode 2013-2018.

Kemudian Oded melanjutkan langkahnya sebagai Wali Kota Bandung periode 2018-2023. Namun, belum sempat menuntaskan periode kepemimpinannya, Oded meninggal dunia.

Simak Video 'Wali Kota Bandung Oded M Danial Tutup Usia':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mso)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT