Awas Macet! Massa Demo di Kawasan Patung Kuda Tersebar di 3 Titik Sore Ini

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 16:11 WIB
Massa demo di Patung Kuda tersebar di 3 titik, Jumat (10/12/2021)
Mahasiswa demo di Patung Kuda (Rizky Adha Mahenrda/detikcom)
Jakarta -

Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, sore ini didatangi massa aksi. Bukan hanya massa buruh, ada juga kelompok mahasiswa yang berunjuk rasa di tiga titik di Patung Kuda.

Massa elemen mahasiswa berunjuk rasa dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia. Pantauan detikcom pada pukul 15.45 WIB, Jumat (10/12/2021), mahasiswa terbagi di tiga titik orasi.

Massa demo di Patung Kuda tersebar di 3 titik, Jumat (10/12/2021)Kelompok mahasiswa berdemo di kawasan Patung Kuda (Rizky Adha Mahenrda/detikcom)

Titik pertama, massa PMKRI berada di seberang gedung Kementerian ESDM. Titik kedua, massa Aliansi BEM RI berada di sekitar kolam depan Patung Kuda. Titik ketiga, massa Universitas Nasional di depan Patung Kuda.

Tidak ada mobil komando dalam demo mahasiswa. Massa hanya menggunakan pengeras suara untuk melantangkan aspirasinya.

Tampak beberapa alat peraga dibawa oleh mahasiswa, di antaranya spanduk aspirasi dan bendera identitas mereka.

"Aliansi BEM RI: Tuntaskan pelanggaran HAM berat," tulisan di spanduk yang dibawa massa mahasiswa.

Terdengar lagu 'buruh tani' dinyanyikan oleh salah satu massa mahasiswa. Mereka bernyanyi sambil long march menuju lokasi kawat berduri.

Massa demo di Patung Kuda tersebar di 3 titik, Jumat (10/12/2021)Massa mahasiswa kelompok lain juga demo di Patung Kuda (Rizky Adha Mahenrda/detikcom)

Lalu lintas lancar meski sebagian jalan digunakan oleh massa aksi untuk berorasi. Beberapa petugas membantu mengamankan lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

Demo mahasiswa berbarengan dengan demo buruh yang digelar di depan gedung Sapta Pesona. Hal ini membuat kawasan Patung Kuda dipenuhi massa aksi.

(mea/mea)