Bareskrim Usut Akun YouTube BNPB yang Di-hack dan Ganti Nama

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 20:27 WIB
Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo.
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Bareskrim Polri mengusut dugaan tindak peretasan (hack) terhadap akun YouTube milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Seperti diketahui, akun YouTube BNPB berganti nama menjadi Ethereum 2.0.

"Sudah dikomunikasikan dan sedang didalami oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi, Kamis (9/12/2021).

detikcom pun mencoba mencari akun YouTube BNBP pukul 19.25 WIB melalui kolom pencarian di YouTube. Namun akun tersebut saat ini tidak ditemukan.

Diberitakan sebelumnya akun YouTube BNPB diduga di-hack. Dilihat detikcom pada pukul 10.00 WIB, akun menayangkan perbincangan tentang Kripto, yang tak berkaitan dengan tugas BNPB.

Judul yang ada di tayangan tersebut adalah 'Ethereum CEO: Ethereum Breakout! Ethereum News, ETH 2.0 Release Date'. Tayangan itu tampak sedang ditonton oleh sekitar 14 ribu orang. Dilihat di tayangan tersebut, tampak seseorang berbaju hijau sedang berbicara.

Sebelum akun tersebut hilang di kolom pencarian, sejumlah video di YouTube BNPB terlihat masih ada dan tidak dihapus. Tayangan terakhir yang ada di akun YouTube BNPB sebelum diretas adalah konferensi pers dari juru bicara penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito.

(rak/aud)