detikcom Do Your Magic

detikcom Do Your Magic: Jebol Dilindas Mobil, Berapa Ukuran Besi Sumur Resapan?

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 18:38 WIB
Sumur resapan modular jebol di Jl Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 8 Desember 2021. (Arnold Mamesah via akun Twitter-nya, @arnold5508)
Sumur resapan modular jebol di Jl Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 8 Desember 2021. (Arnold Mamesah via akun Twitter-nya, @arnold5508)
Jakarta -

Tutup sumur resapan di Lebak Bulus jebol dilindas mobil politikus PSI, Isyana Bagoes Oka, meski kini sudah mulai diperbaiki. Saat jebol, besi tulangan beton tutup sumur resapan itu sempat terlihat. Apakah besi seukuran ini kuat menahan beban kendaraan?

"Besi ukuran 8, dua layer (lapis)," kata Project Manager Arvirotech Group, M Dedi Charles, kepada detikcom, Kamis (9/12/2021).

Arvirotech Group adalah kontraktor yang menggarap kolam resapan modular di sini, yakni di Jl Bona Indah, Perumahan Taman Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Bagian yang jebol dilindas mobil Isyana adalah bak kontrol dari kolam resapan itu, bagian dari proyek sumur resapan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sumur resapan modular jebol di Jl Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 8 Desember 2021. (Arnold Mamesah via akun Twitter-nya, @arnold5508)Sumur resapan modular jebol di Jl Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 8 Desember 2021. (Arnold Mamesah via akun Twitter-nya, @arnold5508)

Dalam foto dari peristiwa jebolnya tutup sumur resapan itu, Rabu (8/12) kemarin, terlihat tutup beton itu hancur. Besi-besi kecil merupakan besi tulangan penopang konstruksi yang seharusnya mampu menahan beban kendaraan yang melintas di atasnya. Ternyata kini diketahui, ukuran besi beton itu adalah 8 mm. Dari foto, kok besi itu kelihatan kecil dan tipis ya?

"Itu karena fotonya diambil dari jauh, jadi kelihatan kecil," kata Dedi Charles.

Dia yakin sebenarnya konstruksi beton dengan rangka besi tulangan 8 mm itu mampu menahan beban. "Kuat," ujar Dedi.

Dia menjelaskan tutup bak resapan modular itu jebol karena dilindas pada saat konstruksinya belum kering betul, yakni ketika konstruksi itu baru berumur 3-4 hari. Padahal seharusnya, konstruksi itu baru bisa dilindas kendaraan setelah 14 hari.

"Minimal 14 hari. Umur beton itu kan minimal 14 hari," kata dia. Ada pula sumur resapan di titik lain yang sudah selesai dan bisa dilintasi kendaraan dengan aman. "Boleh dites kalau mau pakai truk, mau mobil juga," kata dia.

Perkembangan terbaru, bak sumur resapan yang jebol itu sudah ditutup dengan pelat baja dan diaspal. Truk sudah menguji kekuatan tutup sumur resapan itu.

Tutup bak sumur resapan di Jl Bona Indah, Lebak Bulus, Jaksel, sudah diaspal. 9 Desember 2021. (Dok Arvirotech Group)Tutup bak sumur resapan di Jl Bona Indah, Lebak Bulus, Jaksel, sudah diaspal. 9 Desember 2021. (Dok Arvirotech Group)

Simak Video: Heboh Harga Sumur Resapan Rp 80 Juta Per Unit, Ini Kata Pemrov DKI

[Gambas:Video 20detik]




(dnu/aik)