Buntut Rentetan Kecelakaan, Polda Metro-TransJ Bakal Sidak Pool Operator!

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 18:33 WIB
Polda Metro Jaya dan PT Transjakarta bahas kecelakaan armada TransJ
Polda Metro Jaya dan PT TransJakarta bahas kecelakaan armada TransJ. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyikapi serius rentetan kecelakaan yang melibatkan bus TransJakarta beberapa waktu terakhir. Ke depan, Polda Metro Jaya bersama manajemen PT Transportasi Jakarta (TJ) bakal rutin melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pool operator.

Untuk diketahui, operasional bus TransJakarta dikelola oleh sejumlah operator. Sidak ini dilakukan untuk memastikan operator menjalankan standard operating procedure (SOP) sebelum sopir beroperasi.

"Kami bersama manajemen nanti akan sidak ke pool-pool, karena TransJakarta ada operatornya," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo seusai melakukan audiensi dengan Dirut TransJakarta Muhammad Yana Aditya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (9/12/2021).

Kepolisian dan manajemen TransJakarta akan mengecek betul-betul bagaimana persiapan pramudi sebelum beroperasi. Polisi juga akan mengevaluasi ruang istirahat para pramudi.

"Kami akan sidak ke pool-pool itu untuk melihat ruang istirahat bagaimana, bagaimana persiapan pengemudi sebelum lakukan operasional. Nanti kita akan evaluasi semuanya," katanya.

Pengecekan ruang istirahat dirasa perlu mengingat berkaitan dengan jam operasional pramudi. Hal ini untuk mengantisipasi pramudi mengalami kelelahan karena bekerja seharian.

Terkait jam operasional pramudi ini sendiri, Sambodo berharap manajemen melakukan pengaturan agar driver mendapatkan waktu istirahat.

"Dalam UU LLAJ disebutkan bahwa maksimal kerja (driver) 8 jam sehari dan setiap 4 jam harus istirahat minimal 30 menit. Nah ketentuan itu kami serahkan ke manajemen untuk mengatur. Bisa saja setiap 4 jam nanti ganti driver, setelah setengah jam (istirahat) driver main lagi," jelas Sambodo.

Simak penjelasan TransJakarta di halaman berikutnya.