Cerita Sopir TransJakarta di Tengah Isu Waktu Kerja Lebih 8 Jam

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 15:23 WIB
Jakarta berlakukan PPKM level 2 sebagai upaya cegah varian Omicron. Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan saat beraktivitas di tengah pemberlakuan PPKM ini.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Muncul isu pengemudi TransJakarta kerja long shift atau lebih dari delapan jam. Dirut TransJakarta Muhammad Yana Aditya sudah membantah isu tersebut. Bagaimana cerita para sopir?

Salah satu pengemudi TransJakarta berinisial S mengatakan bahwa jam kerja yang dia terima tidak lebih dari 8 jam. Bahkan bisa kurang dari 8 jam jika membawa bus secara maksimal.

"Kurang lebih 8 jam lah. Kalau maksimal kita pegang bawa mobil, nggak sampai 8 jam sih," ujar S di Terminal Kampung Melayu, Jakarta, Kamis (9/12/13).

Meski demikian, dia harus bekerja kurang lebih 9 jam pada shift 2. Sekadar informasi, jam kerja sopir TransJakarta terbagi dalam 2 shift kerja.

"Shift 1 nya dari jam 5 (05.00 WIB) sampai kurang lebih jam 11-12 (11.00-12.00 WIB). Kalau shift siangnya jam 12 (12.00 WIB) sampai sementara setengah 10 (21.30 WIB)," lanjutnya.

"Seminggu sekali kita tukar shift. Dari libur kita tukar shift," lanjutnya.

Sementara itu sopir Transjakarta berinisial J juga menjalani waktu kerja yang tidak lebih dari delapan jam. Dia bertugas mulai pukul 12.00-21.00 WIB pada shift 2.

J menjelaskan dia harus mengisi bahan bakar kendaraan begitu selesai mengemudi. Itu sudah menjadi kewajiban sebagai pengemudi.

"Isi bahan bakar tetap kita. Itu kan kewajiban kita, pulang kan langsung ngisi," tuturnya.

Sebelumnya, Yana memastikan tidak ada sopir yang bekerja lewat dari 8 jam. Dia mengatakan pihaknya saat ini berfokus melakukan evaluasi menyeluruh setelah sejumlah bus mengalami kecelakaan.

"Tidak ada, (secara) SOP tidak ada. Jadi teman-teman operator semua sampaikan tidak ada (sopir kerja lebih dari 8 jam)," kata Dirut TransJakarta Muhammad Yana Aditya saat jumpa pers di kantornya, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (8/12).

Simak video 'Dirut TransJakarta Bantah Isu Sopir Bekerja Long Shift':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)