Komisi VIII DPR Minta Guru Perkosa 12 Santriwati Dihukum Berat

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 09:04 WIB
Ketua DPP Golkar Ace Hasan
Ace Hasan (Foto: dok. detikcom)

Bukhori meminta agar pelaku diganjal hukuman yang tegas. Dia juga meminta sanksi pemecatan jika pelaku adalah pegawai negeri sipil (PNS).

"Jika guru yang bersangkutan adalah PNS, maka harus ada sanksi dikeluarkan dari PNS-nya dan dihukum seberat-beratnya," kata dia.

Lebih lanjut Bukhori juga menanggapi keluarga korban yang meminta agar pelaku dihukum kebiri. Menurut Bukhori, mengenai jenis hukuman, dia menyerahkan sepenuhnya kepada hakim.

"Kalau jenis hukuman, kita serahkan ke hakim," sebut dia.

Kasus ini mulai mengemuka saat perkara sudah masuk ke pengadilan. Pada Selasa (7/12), sidang tersebut sudah masuk ke pemeriksaan sejumlah saksi.

Informasi dihimpun, saksi yang diperiksa merupakan para saksi korban. Sidang yang dipimpin ketua majelis hakim Y Purnomo Surya Adi itu berlangsung tertutup.

Pelaku dengan inisial HW (36) itu melakukan perbuatan pemerkosaan itu dari rentang waktu 2016-2021. Ada 12 santriwati yang menjadi korban pemerkosaan. Tercatat empat korban hamil dan sudah melahirkan.

"Kayaknya ada yang hamil berulang. Tapi saya belum bisa memastikan," kata Kasipenkum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar Dodi Gazali Emil saat dihubungi, Rabu (8/12).


(lir/mae)