Kapal Ikan Tanpa Awak Terombang-ambing di Laut Karangasem Bali

Sui Suadnyana - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 12:41 WIB
Kapal ikan KM Sinar Bahari ditemukan terombang-ambing tanpa awak di perairan Bali.
Kapal ikan KM Sinar Bahari ditemukan terombang-ambing tanpa awak di perairan Bali. (dok. Polres Karangasem)
Karangasem -

Kapal ikan, KM Sinar Bahari, ditemukan terombang-ambing tanpa awak di perairan Banjar Kusambi, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Polisi mengatakan pihaknya melakukan pengecekan kapal bersama Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Kapal tersebut ditemukan pada Selasa (7/12) sekitar pukul 16.00 Wita. Hingga saat ini belum diketahui asal kapal tersebut.

"Ini yang belum jelas asal asal kapalnya. Saya sudah koordinasi dengan Direktorat Pol Air Polda (Bali), dengan KSOP Padang Bai juga sudah minta tolong untuk mengecek dan mencari tahu identitas kapal ini," kata Kepala Satuan Kepolisian Air dan Udara (Kasat Polairud) Polres Karangasem AKP I Gusti Bagus Suteja kepada wartawan, Rabu (8/12/2021).

"Itu yang belum berani pastikan dari mana (kapalnya), apakah dari Benoa atau dari Jawa sana. Belum berani memastikan," jelasnya.

Suteja mengungkapkan kapal tersebut memiliki ukuran 29 gross tonnage (GT), dengan panjang kira-kira 20 meter dan lebar 5 meter. Kemudian warna kapal kombinasi hijau dan biru serta terdapat tulisan Sinar Bahari.

Saat ini bangkai kapal sudah bergeser ke Pantai Batu Manak, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Kondisi kapal sudah rusak dan kosong serta tidak ada bekas terbakar.

"(Kondisi) sudah parah, sudah rusak ini kapal. Dugaan kita sudah lama rusak. Soalnya dari tanda-tanda lama tidak terpakai ini kapal," ungkapnya.

Kapal ikan KM Sinar Bahari ditemukan terombang-ambing tanpa awak di perairan Bali.Kapal ikan KM Sinar Bahari ditemukan terombang-ambing tanpa awak di perairan Bali. (dok. Polres Karangasem)
(aud/aud)