Begini Sepak Terjang Novel Baswedan Dkk yang Kini Perkuat Polri

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 06:57 WIB
Sebanyak 52 eks pegawai KPK mengikuti sosialisasi pengangkatan ASN Polri hari ini. Novel Baswedan ikut serta ikut sosialisasi.
Sejumlah eks pegawai KPK saat mengikuti sosialisasi pengangkatan ASN Polri (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)

Dulu di awal tahun 2021 ketika nama Sigit muncul sebagai calon tunggal Kapolri, Novel sempat menaruh harapan. Saat itu gonjang-ganjing TWK KPK belum santer malahan.

"Semoga Komjen Listyo Sigit, calon tunggal Kapolri adalah pribadi yang berani & antikorupsi. Sehingga Pak Sigit berani perbaiki Polri," tulis Novel Baswedan melalui akun Twitternya, @nazaqistsha, seperti dilihat detikcom, Jumat (15/1/2021).

Novel mengatakan butuh figur pemimpin yang berani untuk mereformasi Polri sehingga bisa mendapat kepercayaan tinggi dari masyarakat. Sebab, menurutnya, ada banyak faksi di Korps Bhayangkara yang sarat kepentingan dan saling menyandera.

"Banyak faksi di Polri yang sarat kepentingan & saling menyandera. Sehingga Pimpinan Polri tidak berani mereformasi Polri menjadi institusi yang dipercaya," tulisnya.

Apapunlah itu Novel setidaknya pernah terekam mengomentari sosok Sigit sebagai pemberani yang bakal memperbaiki Polri. Waktu berlalu setelahnya hingga Sigit kemudian memimpin Polri. Sedangkan Novel disingkirkan KPK. Takdir mempertemukan keduanya kini di Korps Bhayangkara.


(dhn/jbr)