Gempa 5 Kali Guncang Kabupaten Bandung Malam Ini

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 00:20 WIB
Bandung -

Gempa bumi terjadi di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tidak hanya sekali dalam hitungan kurang dari 3 jam Kabupaten Bandung diguncang gempa bumi sebanyak 5 kali.

Dari informasi yang dihimpun detikcom, gempa bumi tektonik M 2,8 terjadi di Kabupaten Bandung dan berpusat di Pangalengan terjadi, Selasa (7/12/2021) sekitar Pukul 18.18 WIB.

Empat gempa susulan pun terjadi. Jelang 14 menit, terjadi gempa bumi susulan sekitar Pukul 18.32 WIB dengan kekuatan M 2,6. 6 menit kemudian atau sekitar Pukul 18.38 WIB gempa kembali terjadi (M 2,5) dan disusul kembali sekitar Pukul 18.40 WIB (M 2,2).

Kurang lebih 30 menit atau sekitar pukul 20.03 WIB gempa susulan kembali terjadi di Kabupaten Bandung dengan besaran M 1,6.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Garsela.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela," katanya via pesan singkat.

Gempa bumi ini dirasakan langsung oleh sebagian masyarakat, khususnya yang tinggal di wilayah Pangalengan.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pangalengan dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang)," ungkapnya.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," tambahnya.

Pihaknya mengimbau kepada wargi agar tidak terpengaruh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya.

(wip/dwia)