Armada Baru Novel Baswedan dkk di Korps Bhayangkara

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 08:57 WIB
Potret Novel Baswedan dkk usai terima tawaran jadi ASN Polri
Potret Novel Baswedan dkk usai sosialisasi ASN Polri. (Twitter Novel Baswedan @nazaqistsha)

Apa yang mendorong Novel Baswedan dkk menerima tawaran menjadi ASN Polri? Itu adalah kesungguhan Jenderal Sigit memberantas korupsi, terutama aspek pencegahan.

"Ketika saya melihat atau kami ya, paling tidak melihat penjelasan dari Pak Kapolri yang tampak bahwa ada seperti kesungguhan untuk memberantas korupsi, terutama bidang pencegahan, dan meminta kami untuk kesediaannya untuk ikut melakukan tugas-tugas dalam rangka berbakti untuk kepentingan bangsa dan negara," papar Novel di gedung TNCC Mabes Polri.

Karena itulah, para mantan pegawai KPK itu sulit menolak tawaran Kapolri. Di samping itu, mereka memandang pemberantasan korupsi merupakan hal yang serius.

"Tentu pilihan itu menjadi sulit buat kami untuk menolak. Jadi saya kira kemudian kami memilih untuk sebagian besar dari kami saya katakan bukan semuanya ya, sebagian besar dari kami memilih untuk menerima, karena begitu masalah upaya memberantas korupsi kami pandang sebagai hal yang serius," ujar Novel.

Sebelum diangkat menjadi ASN Polri, Novel Baswedan dkk harus menjalani uji kompetensi atau asesmen. Namun, uji kompetensi ini tidak menentukan kelulusan.

"Tahap berikutnya akan dilaksanakan kegiatan uji kompetensi atau asesmen, uji kompetensi itu sifatnya hanya mapping sesuai kompetensi yang dimiliki oleh pegawai KPK yang akan bergabung sebagai ASN Polri," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (6/12/2021).

Posisi apa yang bakal ditempati, para mantan pegawai KPK tersebut. Baca di halaman berikutnya.